spot_img

Homestay Parmuse Tipang, Sederhana tapi Viewnya Mahal

HUMBAHAS – Konsep desa wisata itu sudah lama disuarakan di Kawasan Danau Toba. Tapi belakangan ini, suara itu telah berubah menjadi aksi dengan mulai banyaknya desa wisata sebagai destinasi wisata baru untuk mengisi waktu libur dan menenangkan diri atau istilah viral saat ini, Healing.

Beberapa desa sudah mulai aktif berbenah menyediakan pelayanan yang memuaskan bagi para wisatawan. Dan salah satu pembenahan desa agar bisa dikatakan desa wisata, adalah tersedianya tempat untuk beristirahat bagi wisatawan. Istilah yang dikenal untuk rumah peristirahatan sementara ini biasa dikenal dengan Homestay, Huntara (hunian sementara) hingga Rumah Wisata.

Dan, Desa Wisata Tipang di Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbanghasundutan terbukti siap untuk hal itu. Di desa peraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (AWDI) 2021 ini, ada banyak Homestay. Pemerintah dan masyarakat sudah sejalan dengan konsep desa wisata itu.

Jika selama ini bro dan sista ninnA mencari penginapan asri dan modern di desa, datanglah ke Desa Tipang. Di desa ini ada Homestay Parmuse. Dari beberapa Homestay yang ada di Desa Wisata Tipang, Homestay ini lebih cepat familiar. Penamaan “Parmuse” yang berarti jambang, dilakukan sebagai strategi agar nama itu memberi kesan tersendiri di benak wisatawan sehingga selalu teringat.

Homestay ini sangat sederhana. Penggabungan konstruksi beton dengan sedikit sentuhan tradisional. Konstruksi beton yang mencerminkan sisi modern itu mendapat sentuhan tradisional khususnya di bagian dalam.

Homestay Parmuse 2
Beberapa asesoris hasil kerajinan lokal di Homestay Parmuse.(foto:gomgom)

Di tiap ruangan terdapat beberapa asesoris berupa produk kerajinan dari bambu dengan sentuhan budaya Batak.

Tak hanya itu, lantai dua dilengkapi dengan arena duduk bersantai depan belakang. Posisi yang di depan menghadap ke bukit Batu Maranak, dengan hamparan sawah terbentang hijau di kakinya. Pemandangan itu begitu menenangkan.

Sementara di posisi belakang, menghadap ke arah Air Terjun Sigota-gota dan lembah yang mengelilinginya, menawarkan eksotisme keindahan alam Tipang.

TERKAIT  Leter Z KM 12, Tempat Wisata Keluarga di Dairi

Sore hari, bro dan sista bisa santai memilih view di depan atau di bagian belakang  sambil menyeruput nikmatnya kopi lokal “Kopi Lintong” yang karena rasanya sudah menasional.

Pokoknya Homestay ini sungguh lokasi yang mantap untuk menghabiskan waktu santai saat liburan karena dirancang untuk memberikan pengalaman yang unik bagi setiap pengunjungnya. Plus, pengelolanya merupakan Pegiat Wisata dan Budaya yang aktif, asik untuk diajak diskusi seputar budaya dan pariwisata di Danau Toba khususnya Tipang.

Home Stay Parmuse 1
Homestay Parmuse.(foto:gomgom)

Untuk memanjakan pengunjung, di Homestay Parmuse ini tersedia fasilitas berupa:
-Dua kamar tidur dengan kamar mandi masing-masing,
-Ruang tamu untuk berdiskusi,
-Kursi dan meja,
-Kulkas, dan
-Alat masak.

Selama beberapa tahun terakhir, Homestay ini telah menjadi pilihan bagi pengunjung Desa Tipang karena keunikannya serta view mahal yang ditawarkannya.

Homestay ini terletak persis di pinggir jalan. Tidak sulit menemukannya jika bro dan sista datang dari arah Bandara Silangit, Jaraknya sekitar 33 KM dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam atau dari Dolok Sanggul sejauh 21 KM sekitar 45 Menit.

Jadi, bro dan sista ingat ya, kalau mau travelling atau healing ke Desa Wisata Tipang, ingat juga Homestay Parmuse. Horas.

 

Penulis  : Gomgom Lumbantoruan
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU