Hari Ini Pemerintah Putuskan Cabut PPKM

BERSPONSOR

NINNA.ID – Presiden Joko Widodo, hari ini Jumat (30/12/2022), akhirnya memutuskan bahwa menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada maka pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Adapaun alasan Presiden Jokowi memutuskan menghentikan PPKM karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah melandai. Berkaca dari kasus harian Covid-19 pada 27 Desember 2022 yang hanya 1,7 kasus per 1 juta penduduk.

Presiden mengatakan, positivity rate mingguan juga sudah berada di angka 3,3 persen, kemudian bed occupancy rate 4,79 persen, serta angka kematian 2,39 persen.

BERSPONSOR

Dari data tersebut, kata Jokowi, telah berada di bawah standar Badan Kesehatan Dunia sehingga pemerintah memutuskan untuk menghentikan PPKM.

“Jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat,” kata dia.

Adapun pencabutan PPKM ini akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022.

Adanya sinyal pencabutan kebijakan PPKM itu, sebelumnya sudah disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan. Namun, saat itu pemerintah sedang membuat kajian berbagai aspek sebelum resmi mencabut kebijakan PPKM.

BERSPONSOR
TERKAIT  Puluhan Tewas di Myanmar saat Topan Mocha Menimbulkan Skenario Mimpi Buruk

Sebelum kebijakan dicabut, masyarakat harus mendapatkan eduikas tentang Covid-19. Nadia mengingatkan, dicabutnya PPKM bukan berarti Covid-19 sudah hilang.

“PPKM dicabut bukan berarti Covid-19 tidak ada,” ungkapnya saat dihubungi Kompas.com.

Diawal masuknya Covid-19 ke Indonesia, pemerintah mendeteksi sejumlah kasus infeksi Covid-19 di Tanah Air pada 2020. Pemerintah lalu memutuskan memutuskan mengambil sejumlah tindakan.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 11 /Tahun 2020, Presiden Joko Widodo menyatakan pandemi virus corona (Covid-19) sebagai bencana nasional.

- Advertisement -

Hanya saja waktu itu, pemerintah belum memberlakukan PPKM. Pemerintah masih memutuskan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Hal itu dilakukan setelah Presiden Indonesia, Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB pada 31 Maret 2020.

Penerapan PSBB lalu dilakukan di sejumlah provinsi yang mempunyai potensi penyebaran Covid-19 yang tinggi karena jumlah penduduknya banyak dan persentase pelaju besar.

Editor  : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU