Hari Ini Gempa Kembali Guncang Kabupaten Taput

BERSPONSOR

TAPUT – Hari ini, Minggu (02/10/2022), gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara. Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat sudah 97 kali kota wisata rohani ini dihantam gempa susulan.

Per hari ini (Minggu) sejak Pukul 07-12 WIB guncangan terjadi 7 kali. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput mengeluarkan status siaga bencana selama 7 hari ke depan.

Bupati Taput Nikson Nababan yang ditemui di Kantor Bupati mengaku telah mengeluarkan SK (Surat Keputusan). Klasifikasi kerusakan akibat bencana ini pun dibagi menjadi 3 bagian.

“Yang pertama itu rusak berat. Artinya kerusakan bangunan membuat tidak bisa ditempati. Kemudian rusak sedang. Contohnya dinding bangunan retak-retak, dan terakhir rusak ringan,” terangnya.

BERSPONSOR

Pemkab, dalam hal ini lanjut Nikson berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk memperbaiki bangunan atau rumah milik warga.

“Yang membangun nanti TNI-Polri. Tidak kita kasih ke pihak ketiga. Itu nanti tidak bagus,” imbuhnya.

Dimulai hari ini, Pemkab dan TNI-Polri menyalalurkan ribuan paket sembako kepada warga terdampak. Ia juga berharap agar pihak-pihak swasta bersedia memberi bantuan.

TERKAIT  Surplus Neraca Perdagangan Indonesia April 2023 Meningkat

“Kita berharap bantuan itu tidak lagi dalam bentuk sembako tapi bentuk bahan bangunan atau fresh money (dana segar),” ujarnya.

BERSPONSOR

Pemkab telah membuat Posko utama di depan Kantor Bupati. Nantinya para bantuan itu disampaikan melalui Posko untuk disalurkan kembali.

“Yang kedua tolong juga disosialisasikan posko ini dan juga rekening posko,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak meminta tidak perlu khawatir dan tidur di luar rumah. Situasi ini, kata dia, masih akan terus membaik.

“Yakin dan percayalah situasi akan semakin baik. Insyaallah trauma healing akan kita lakukan mulai besok,” ucapnya.

- Advertisement -

Selain itu warga juga diimbau untuk tidak takut melakukan aktifitas di luar rumah. Hal tersebut guna memulihkan ekonomi daerah yang terdampak gempa tersebut.

“Kenapa itu penting, karena kuncinya adalah bagaimana kita tetap menjaga pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Kapolda Sumut Irjen Polisi Panca Putra Simanjuntak.

 

Penulis   : Giort
Editor      : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU