spot_img

Hai Dufan, Kolam Renang di Tengah Persawahan

TAPUT – Jangan terkecoh dengan namanya Hai Dufan. Jauhkan imajinasi mu dengan suasana tak terduga, layaknya di dufan (dunia fantasi). Dufan yang satu ini, hanya sebatas kolam renang biasa, namun asyik karena di tengah sawah.

Nama yang menggoda itu, bukan mencontek nama dunia fantasi, tapi nama asli sumber air ke kolam itu, yaitu Aek Haidupan (sungai kehidupan). Kolam renang di tengah persawahan di Dusun Aek Haidupan, Desa Si Raja Oloan, Siwaluompu, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara ini mulai mencuri perhatian warga sekitar Tarutung.

Kini, Hai Dufan masuk dalam daftar tujuan wisata renang, mengikut pendahulunya seperti kolam air panas yang di Tarutung dan kolam renang rumah kapal. Berada di tengah persawahan dengan udara yang sejuk, menjadikan kolam Hai Dufan selalu ramai, khususnya di hari libur dan akhir pekan.

Objek wisata ini menjadi favorit semua kalangan, anak-anak hingga orang dewasa, walau kolam renang ini baru saja dibuka untuk umum.

Kolam renang ini, menjadi kolam renang terbesar di Tapanuli Utara. Airnya yang berasal dari sungai Aek Haidupan, menjamin kebersihan dan kesegarannya.

Kolam di Hai Dufan dibagi menjadi dua bagian. Satu untuk anak – anak dan satu untuk dewasa. Kolam dewasa jauh lebih panjang dan luas dari kolam anak-anak. Dalamnya sekitar 1.5 meter.

TERKAIT  Air Terjun Sitakka Dikenal Angker di Pinggiran Tarutung

Kolam untuk anak-anak ukurannya lebih kecil, dengan kedalaman tidak lewat di atas lutut. Untuk fasilitas wahana bermain di tempat ini, masih sedikit. Hanya ada sebuah seluncuran air ayunan untuk anak-anak bermain.

Menikmati kolam renang dengan air terjamin bersih dan segar, serta didukung alam yang masih terjadi, ternya tiket masuk masih sangat murah. Pengelola Hai Dufan hanya mematok harga Rp 10.000, untuk semua golongan usia.

Objek wisata ini dilengkapi dengan halaman parkir, kantin , ruang bilas, kamar ganti pria dan wanita, bangku dan meja di sekitar kolam. Menuju kolam Hai Dufan tidak terlalu sulit.

Dari Rumah Sakit Tarutung anda lurus, tidak belok menuju Sipoholon. Jika anda lurus, perjalanan anda menuju Gapura Negeri Siwaluompu. Sesampainya di gapura, bro dan sista langsung belok kanan dan ikuti jalan lurus, sekitar 200 meter lalu ada  persimpangan belok kiri, lurus saja sampai dapat objek wisata kolam renang Aek Hai Dufan.

 

Penulis    : Eka Hutabarat
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU