Gubernur DKI Anies Baswedan Pernah Tolak Tawaran Capres

BERSPONSOR
NINNA.ID Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pernah menolak tawaran untuk mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden.

“Ketika saya itu tahun 2018, ditawari posisi untuk jadi Cawapres tapi belum siap. Bahkan sampai dua kali tawaran untuk mencalonkan diri sebagai presiden, tetapi saya tidak siap. Saya katakan tidak,” ungkap Anies, Jumat (07/10/2022).

Anies membenarkan hal itu dengan mengatakan, dia menolak tawaran itu karena dia ingin mengakhiri masa jabatan lima tahun sebagai gubernur Jakarta.

“Mengapa? Saya berjanji akan tinggal di Jakarta selama lima tahun, jadi saya ingin menepati janji lima tahun saya,” kata Anies.

Anies mengatakan, untuk kali ini juga belum mengumumkan secara terbuka pencalonannya untuk pemilihan presiden.

“Yang ini nggak pernah saya ceritakan, baru ke teman-teman (wartawan) saya ceritakan,” kata dia.

Anies menceritakan hal itu saat mengadakan acara silaturahmi dengan jurnalis yang biasa melakukan liputan di Balai Kota Jakarta.

Anies akan mengakhiri masa bakti sebagai gubernur Jakarta pada 16 Oktober 2022 dan selanjutnya dia akan tampil ke publik sebagai bakal calon presiden dari Partai Nasional Demokrat.

TERKAIT  Sembilan Orang Selamat dari Puing-Puing Gempa Turki, Korban Tewas Tembus 40.000

Anies mengatakan dalam proses politik begitu banyak janji dalam kampanye dan dia ingin tetap berpegang pada komitmen.

BERSPONSOR

“Sudah terlalu banyak diproses politik ini, kita itu terampil mengirimkan janji dan terampil pula menjelaskan pemlesetan. Kalau tidak tercapai, lain soal,” kata Anies.

“Tapi kalau memutuskan untuk tidak menepati, itu beda. Karena ada situasi di mana tidak bisa terlaksana,” Anies menambahkan.

Terima mandat Nasdem
Anies berkata sebenarnya dia ingin istirahat dulu setelah menyelesaikan tugas sebagai gubernur Jakarta, tetapi ternyata dinamika politik bergerak cepat.

Dia memutuskan menerima mandat dari Partai Nasional Demokrat untuk menjadi bakal calon presiden pada pemilu 2024. Terbaru Anies bersilaturahmi ke DPP Partai Demokrat.

BERSPONSOR

“Hari Senin (3/10/2020) kemarin terjadi kebaruan di dalam perjalanan pascagubernur,” kata Gubernur DKI itu.

Anies mengatakan harapannya untuk tetap bisa berkolaborasi dengan semua pihak dan dia berharap perjalan politiknya lancar “dan memberikan manfaat bagi semua”.(suara)

 

Editor   :  Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU