spot_img

Goa Singirngir di Sipolha Memiliki Stalaktit dan Stalakmit Indah

SIMALUNGUN –  Berbicara eksotisme wisata alam, kawasan Danau Toba menjadi gudangnya. Mulai pantai, air terjun, ritual budaya, kuliner dan goa ada di sini. Salah satunya Goa Singirngir. Goa eksotis tersembunyi di Nagori Sipolha Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Menurut pemandu lokal, Anton Manik, Goa ini dulunya bernama Goa Singirngir yang sekarang juga disebut Goa Mimpi. Ditemukan tahun 1998 oleh warga setempat bermarga Manik, berdasarkan mimpi atau Ilham yang diterima. Namun, yang pertama sekali masuk dan menjelajah goa ini bukan warga lokal, tapi seorang turis asing berkebangsaan Belanda.

Goa Singirngir disebutkan memiliki lorong yang panjang hingga ke permukaan air Danau. Namun, karena medannya yang gelap dan minim kadar oksigen, terlalu berisiko untuk mencobanya. Batas aman yang diperbolehkan oleh pemandu lokal hanya 20 meter ke dalam perut bumi.

Udara goa yang lembab dan hanya bermodal cahaya dari lampu yang dibawa traveler, adventure ke goa ini  ikut memompa adrenalin. Sungguh mendebarkan.

Dengan bantuan headlamp, traveler masih tetap bisa menikmati suasana goa Singirngir ini. Tampak stalaktit dan stalakmit di dalam gua yang terbentuk secara alami dari tetesan air tanah, berwarna putih coklat kekuningan seolah ukiran dengan seni tingkat tinggi yang indah, di dinding dan atap goa.

TERKAIT  Rayuan Lembah Sagala yang Indah Permai

Selain menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit goa, traveler bisa melihat dan mengamati biota lain yang ada dalam goa.

Gua Singirngir belum banyak dieksplor oleh para traveler. Beberapa orang yang  datang ke sini, umumnya kelompok pencinta alam, komunitas dan masyarakat sekitar Parapat.

Tidak ada patokan tiket masuk ke dalam Goa, tapi biasanya selalu memberikan keikhlasan untuk pemandu lokal. Saat menyusuri goa harus selalu mengingat dan mematuhi arahan dari pemandu lokal. Termasuk menjaga kebersihan dan menghargai kearifan lokal di sana.

“Sungguh luar biasa keindahannya. Jelajah goa sangat memacu adrenalin.Buat pecinta alam, tidak salah lokasi ini dijadikan alternatif wisata sambil menikmati alam Danau Toba,” ujar Tambatua Sirait, rombongan alumni SMP Negeri 2 Parapat yang melakukan adventure ke goa dan pantai di Sipolha, baru-baru ini.

Sekitar Goa Singirngir ternyata masih ada dua lagi goa yang belum pernah dimasuki untuk dieksplorasi. Bagi bro dan sista NINNA.ID yang tertarik ber-adventure ke Goa Singirngir ini, silahkan datang ke Nagori Sipolha ke pantai La Refa. Dari sini, akan ada pemandu lokal dengan ikhlas mengajak berpetualang ke perut bumi.

Penulis    : Ferindra
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU