spot_img

Gereja di Tepi Danau Peneduh Jiwa

Masihkah kau ingat waktu di desa
Bercanda bersama di samping gereja
Kala itu kita masih remaja
Yang polos hatinya bercerita

TOBA – Bait pertama lagu Panber’s ‘Gereja Tua” di atas kerap terngiang saat melihat satu bangunan gereja di tepi Danau Toba. Tepatnya Gereja HKBP yang berdiri tidak jauh dari destinasi wisata Lumban Silintong, Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Arsitektur gereja yang terbilang unik ini, ikut melengkapi keindahan Danau Toba. Gereja ini selalu menyita perhatian setiap orang, terlebih wisatawan yang sedang berlayar dari dan ke Balige. Bentuknya yang berbeda dengan bentuk kebanyakan gereja di kawasan ini, menjadi pusat perhatian. Gereja ini semakin memesona dengan paduan hamparan persawahan serta perkampungan penduduk di sekitarnya.

Tidak hanya dari Danau, dari daratan pulau Sumatera atau dari seputaran Pagar Batu Balige pun, gereja ini sangat menarik dilihat. Pulau Samosir, Semenanjung Uluan, Gugusan bukit barisan dan Danau Toba menjadi backgroundnya. Sungguh memesona.

Tidak sedikit, pengunjung TB Center Balige mengabadikan gereja ini dari lantai dua museum Batak itu. Lokasi gereja ini memang cukup strategis. Dari pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, gereja ini terlihat cukup jelas., sehingga calon penumpang yang ingin berlayar dari pelabuhan ini kerap mengarahkan kamera HP-nya sekedar untuk mengabadikan bangunan gereja ini.

Gereja di Tepi Danau 2
Gereja HKBP Lumban Silintong, Balige terlihat dari danau.(foto:asmon)

Tiga buah menara menghias puncak bangunan gereja, mengingatkan doktrin Kristen tentang Tritunggal atau Trinitas serta filosofis atau wawasan sosial masyarakat dan budaya Batak yakni dalihan na tolu (tolu=tiga).

TERKAIT  Pantai Lumban Bulbul Siap Menggoda Wisatawan

Seorang warga Balige, bermarga Siahaan yang ditemui di Kota Balige menjelaskan, Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Lumban Silintong itu merupakan pemekaran dari HKBP Hinalang Silalahi.

Kehadiran gereja di tempat yang indah itu, seolah sebagai penyempurna perjalanan sore hari seorang wisatawan perempuan, berdarah Manado.

“Perjalanan sore ini di Danau Toba benar-benar sempurna dengan adanya gereja di tepi danau itu,” ujar Shania saat berkunjung ke Pagar Batu bersama ninnA.

Melihat gereja itu berdiri kokoh di perbukitan dekat danau, kata Shania, sangat meneduhkan jiwanya. Gereja itu membuatnya hanya teringat akan keagungan Pencipta Alam Semesta.

Bagi bro dan sista yang yang ingin berkunjung, hanya butuh waktu sepuluh menit berkendara dari pusat kota Balige. Kota Balige sendiri hanya 30 menit perjalanan dari bandara Silangit.

Selama perjalanan dari Balige bro dan sista akan dimanjakan oleh indahnya panorama pantai serta hembusan angin dari Danau Toba yang menambah sejuknya suasana perjalanan.

Gereja HKBP Lumban Silintong, Ress Hinalang, Distrik XI Toba Hasundutan ini beralamat Di Lumban Silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara,

Melihat gereja ini dari Danau Toba, di alam terbuka yang indah seakan mampu melepas penat tubuh. Jiwa terasa lapang, polos bagai remaja untuk bercerita dan memuji kebesaran Maha Pencipta.

 

Penulis    : Asmon Pardede
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU