spot_img

Geo Coffee Akamsi Tawarkan Kuliner Khas Diiringi Musik Batak

SAMOSIR – Anak Kampung Sini (Akamsi) yang berada di Kabupaten Samosir bersama Unesco Global Geopark Caldera Toba terus berkreasi menyajikan aneka kuliner bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Samosir.

Ketua Akamsi Kecamatan Sianjur Mula Mula, Reinhard Sinaga menyampaikan, kuliner tradisional khas Batak Toba ini diharapkan menjadi salah satu keunikan di Danau Toba tepatnya di Geo Coffee Akamsi yang berada di kawasan Geopark Sigulatti.

Aneka kuliner ini disajikan setiap hari dengan harga yang terjangkau serta saat menikmatinya akan dipadu dengan suasana etnik musik tradisional.

“Setiap hari kita buka. Apalagi beberapa waktu lalu, kami juga sudah sering menggelar event perayaan ulang tahun dan semua menunya merupakan menu tradisional Batak Toba,” kata Reinhard.

Beberapa menu tradisional yang dapat dinikmati antara lain DengkeSorbuk, Nitak Gurgur, Nitak Hinopingan, Nitak Hinintang Ni Andalu, Tipa Tipa, Indahan nihunikan, Lappet, Pohul Pohul Toba dan Jeruk Purut. Semuanya disajikan dengan baik oleh anak-anak muda yang sudah memahami kuliner.

TERKAIT  Cafe Djabu Namboru , Tertawa Terbahak-bahak di Sini Bisa Mati

Di tangan Akamsi ini, ke depan akan semakin banyak kuliner tradisional yang dilestarikan di Geo Coffee Akamsi, khusus kategori kuliner khas Batak Toba di Pulau Samosir.

Sementara itu, Rosma salah satu pengunjung asal Kota Medan mengakui sangat senang dengan aneka kuliner asli tradional Batak Toba. Baginya, dari kecil hingga saat ini belum pernah merasakan rasa asli kuliner Batak. Oleh karena itu, saat menikmatinya, diakui sensasinya sangat berbeda dan rasanya selalu menempel di lidah.

Ia berharap, tempat yang menyajikan kuliner tradisional bisa terus berkembang dan ada di mana-mana, sehingga anak-anak muda tetap ingat leluhurnya dengan sajian  kuliner khas itu.

 

Penulis : Jogi S
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU