Gempa M 5.0 Kembali Mengguncang Taput Dini Hari Tadi

BERSPONSOR

TAPUT – Gempa M 5.0 Kembali Mengguncang Taput, Jumat (07/10/2022), dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Warga Tarutung dan sekitarnya sontak terbangun dan menjauhi bangunan. Mereka kembali khawatir, gempa ini juga berdampak serius seperti Gempa, Sabtu (01/10/2022) lalu.

Informasi yang dihimpun, dampak gempa Sabtu lalu, membuat warga di Tarutung masih memilih di luar rumah dan membuka pintu rumah masing-masing. Hal itu dilakukan agar mudah mengevakuasi diri apabila terjadi gempa susulan yang berpotensi membahayakan warga.

“Kami warga Kelurahan Hutatorun X di luar rumah. Takut ada getaran lagi. Karena dalam beberapa hari ini kami merasakan getaran yang cukup kuat. Kami juga khawatir jika ada gedung yang rusak,” terang Richard DM Tobing, warga Tarutung kepada wartawan.

Richard DM Tobing menuturkan warga sempat panik saat terjadi gempa. Warga merasakan getaran yang cukup keras. Bangunan-bangunan terlihat goyang. Getaran gempa dirasakan warga saat subuh. Saat warga beristirahat.

BERSPONSOR

“Jadi warga sempat panik. Karena gempa terjadi saat rata-rata warga tidur, kami khawatir terjadi kembali gempa susulan yang lebih keras. Makanya kami di luar berjaga,” jelasnya.

TERKAIT  Ini Nomor Urut 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024

Belum diketahui dampak Gempa M 5.0 yang kembali terjadi di Taput dini hari tadi. Belum diketahui soal ada tidaknya korban dan kerusakan dalam kejadian tersebut. Gempa tersebut berpusat di darat.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada Jumat (7/10/2022) pukul 03.00 WIB. Gempa berada pada koordinat 2,02 lintang utara, dan 99,01 bujur timur.

“Pusat gempa berada di darat 5 km timur laut Tapanuli Utara,” tulis BMKG dalam datanya.

BERSPONSOR

Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km. Beberapa tempat merasakan gempa yang cukup kuat. IV MMI di Tarutung, III MMI di Sipoholon.

IV MMI artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Kemudian, III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.(detik)

 

Editor   :  Mahadi Sitanggang

- Advertisement -

 

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU