Gempa Bumi Terasa di Pakpak Bharat, Warga Berhamburan Keluar Rumah

BERSPONSOR

PAKPAK BHARAT – Gempa bumi dirasakan mengguncang serta membuat resah warga di Kabupaten Pakpak Bharat. Gempa yang berkekuatan 6,2 Magnitudo itu dikabarkan terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Senin (16/01/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari www.bmkg.go.id, gempa terjadi pada pukul 05.30 WIB, dengan lokasi 1.91 LU, 97.83 BT (47 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil).

Gempa dengan kedalaman 23 KM tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, BMKG menyarankan kepada warga terhadap gempa susulan yang akan mungkin terjadi.

Namun gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh ini terasa hingga ke beberapa daerah, seperti di Kabupaten Pakpak Bharat gempa tersebut cukup dirasakan oleh warga setempat.

BERSPONSOR

Pantauan awak media ini di Kecamatan Salak, persisnya di Dusun Barisan, warga terlihat berkeluaran dari dalam rumah akibat dari guncangan gempa tersebut.

TERKAIT  Revitalisasi Pasar Balige Diduga Sarat Masalah

“Guncangan gempanya kencang ya, mungkin ini dekat,” kata warga berbahasa daerah pakpak sembari bertanya-tanya lokasi gempa tersebut di daerah mana.

Tidak hanya di Kecamatan Salak, guncangan gempa tersebut juga dirasakan warga di kecamatan lainnya, seperti di Kecamataan Kerajaan.

Seperti kata Bancin, warga Desa Sukarame kecamatan kerajaan, ia juga bersama keluarganya sempat keluar dari dalam rumah kerna guncangan gempa tersebut.

BERSPONSOR

“Kami juga sempat keluar rumah karena getaran gempanya cukup kencang,” ujarnya ketika dihubungi melalui telepon.

Informasi sementara, tidak ada kerusakan bangunan ataupun lainnya akibat gempa tersebut di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.

 

Penulis  : Lastro Banurea
Editor    : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU