Gempa Bumi Melanda Tapanuli Utara Sabtu Pagi

BERSPONSOR

TAPUTWilayah Tapanuli Utara Sumatera Utara diguncang gempa berkekuatan 5,0 SR, Sabtu dini hari (01/10/2022). Gempa dilaporkan telah terjadi tiga kali namun tidak memungkinkan menyebabkan tsunami.

Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG), melaporkan gempa pertama terjadi pada pukul 02:28 WIB dengan kekuatan 6,0 pada kedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa di 2,13LU dan 98,89LU. Dan lokasi episentrum di Bujur Timur, atau 15 kilometer barat laut Tapanuli Utara. .

Gempa kedua berkekuatan 5,1 pada WIB, hanya 22 menit setelah gempa pertama pada pukul 2:50 WIB. Gempa ketiga terjadi pada pukul 03:37 WIB dengan magnitudo 5,0. Walau dengan tiga gempa berturut, tidak ada kemungkinan tsunami.

Laporan BMKG menunjukkan bahwa gempa dirasakan pada wilayah Tarutung, dengan skala VI Modified Mercalli Intensity, Singkil (IV), Sipahutar (V), Tapaktuan (III), dan Gunung Sitoli (III).

Menurut BMKG, skala Mercalli merupakan salah satu satuan yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa, terutama saat tidak ada seismometer di lokasi.

Dalam Skala II, getaran dirasakan oleh banyak orang dan benda ringan yang tergantung bergoyang. Pada skala III, getarannya nyata di dalam rumah dan getarannya terasa seperti truk yang lewat.

Pada intensitas 4, gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam dan di luar rumah dan ditandai dengan jendela dan pintu berderit dan dinding berderak. Pada skala V, getaran yang dirasakan oleh hampir semua orang ditandai dengan benda memantul, tongkat, dan benda besar yang bergoyang.

Belum ada laporan resmi tentang korban atau rumah yang terkena dampak. BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan gempa susulan.(suara)

TERKAIT  Bawaslu Pakpak Bharat Umumkan 24 Anggota Panwascam

 

Editor   : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU