spot_img

Menparekraf Sandiaga Uno di Samosir

Gedung Creative Hub dan Horas Samosir Fiesta 2022 Diresmikan

SAMOSIR – Benar-benar kreatif dan mungkin ini pertama kali terjadi di Kawasan Danau Toba. Membunyikan gong tidak ditabuh tapi ditembak dengan ketapel. Teknik membunyikan gong yang terbilang unik ini terjadi saat peresmian Gedung Creative Hub dan Horas Fiesta 2022 di Pangururan Kabupaten Samosir, Selasa kemarin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, saat melaunching Horas Samosir Fiesta 2022 Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, tidak butuh dua kali tembakan untuk melakukan itu. Setelah prasasti peresmian Samosir Hub Creative ditandatanganinya, tembakan pertamanya akurat membunyikan gong diikuti ledakan confetti dan selubung banner event Horas Samosir Fiesta 2022 terbuka. Tak lupa, iringan musik tradisional Batak, gondang, semakin memeriahkan. Dengan sigap, Menteri Sandiaga Uno memainkan taganing ditemani Bupati Samosir Vandiko T Gultom.

Horas Samosir Fiesta 2022 terdiri dari Festival Gondang Naposo yang akan dilaksanakan pada 16-17 April 2022 di Open Stage Pangururan, Pekan Kebudayaan Daerah dirangkai dari Februari hingga Juli 2022 di beberapa titik kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir, Samosir Lake Toba Ultra tanggal 16-17 September di Jalan Lingkar Gunung Pusuk Buhit Sianjurmulamula dan Festival Sipinggan 27 Desember 2022 di Pelabuhan Sipinggan Kecamatan Nainggolan.

Launching yang melibatkan 100 penari dari berbagai sanggar yang tergabung dalam Dewan Kesenian Samosir, membawakan D’taganing (atraksi alat musik tradisional Batak), Tortor Panomunomuon (tari Penyambutan) dan Tortor Marsiadapari (Tari Gotong royong) yang menggambarkan tentang kerukunan dan kebersamaan dalam segala aspek kehidupan.

Semakin mencuri perhatian, saat dalam tortor marsirippa muncul dua ekor replika kerbau, menjadi bagian dari atraksi ini. Sontak teringat dua ekor kerbau yang diberikan Menteri Sandiaga Uno dalam kunjungannya pada Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 di Desa Hutatinggi.

Karya seni di sana membuat Menteri Sandiaga Uno beranjak dari kursinya, dan menari saat Jingle Horas Samosir Fiesta ciptaan seniman muda Charles Malau bersama Gok Parasian Malau dari Funkgora Production, dimainkan.

Musik kekinian yang elegan, asyik terdengar memenuhi lapangan panggung di Pantai Indah Situngkir. Suara indah Gok Parasian finalis The Indonesian Voice 2019 begitu sejuk terdengar membawakan lagu Horas Samosir Fiesta.

TERKAIT  Naik DAMRI Cara Murah Berwisata ke Danau Toba

Creative Hub Samosir
Setelah menandatangani plakat gedung baru, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengelilingi gedung dimaksud, melakukan standart pemeriksaan fisik. Hadir di sana, Sandiaga disambut Komunitas Coffee Synergi sebagai pengelola Creative Hub Samosir.

Samosir Fiesta 2
Gedung Creatif Hub Samosir.(foto:ist)

Di depan Sandiaga mereka melakukan atraksi pembuatan Kopi Samosir dengan berbagai merek dan kemasan yang tergabung dalam komunitas UMKM Samosir. Berbagai keunikan dalam penyajian, kemasan sampai proses pembuatan produk-produk UMKM Samosir dijelaskan kepada Sandiaga oleh Ketua  Komunitas Coffee Synergi Oliver Simbolon.

Ke depan Creative Hub Samosir sangat direkomendasi menjadi tongkrongan bro and sista ninna.id dengan berbagai kenikmatan sajian kopi asal Samosir serta produk-pruduk UMKM asal Samosir yang sangat beragam.

Seperti biasa, pantun sebagai ekspresi hati tetap menjadi ciri unik Sandiaga Uno dalam menyampaikan pesan setiap kunjungannya. Ini nih pantun yang disajikan Menteri kepada Samosir. Ada dua pantun di awal dan dua pantun mengakhiri sambutannya.

Jalan-jalan ke Pantai Pesisir
Sambil bersantai melihat alam
Semua senang pergi ke Samosir
Semakin ramai dan membanggakan

Si Ucok makan martabak Mesir
Pasti Dicocol dengan sambal andaliman
Lihatlah ini pesona Samosir
Destinasi pariwisatanya Elok rupawan

Mata tertuju pada si Penyair
Ingin didekati namun tak enak hati
Mari kembangkan pariwisata Samosir
Yang indah di pandang dan memikat hati

Gula Aren gula Pasir
Rasanya legit makanpun Lahap
Kalau pergi ke Pulau Samosir
Jangan lupa ngopi di Crative Hub

 

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU