spot_img

Gedung Baru HKBP Tarutung Kota “Everlasting White Church”

TAPUT – Gedung Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Tarutung Kota ini berada di Jalan Hulman Lumbantobing, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Gereja ini terbilang salah satu gereja tua di kawasan Tapanuli.

Melalui beberapa kali renovasi, gereja yang berada di atas lahan sekira 450 meter per segi ini, sekarang terlihat megah dengan nilai estetika yang memikat mata siapa saja.

Didesain proporsional antara kepala badan dan kaki, dengan menara yang menjulang tinggi kurang lebih 38 meter plus salib lima meter,  bangunan ini terlihat berwibawa seperti gereja putih (white church). Di sisi luar bagian ata juga dicat warna putih berkilau.

Gereja HKBP Tarutung Kota ini merupakan salah satu gereja yang terbilang cukup lama di kawasan Rura Silindung. Seiring waktu pada tahun 2018 lalu, gereja mulai direhab.

Menurut arsitek bangunan Gereja HKBP Tarutung Kota, Aprinton Siregar, pembangunana gereja ini dimulai tahun 2018, namun sempat terhenti dan mengalami revisi desain.

TERKAIT  Homestay Mrw Situngkir, Serasa Menginap di Rumah Leluhur

“Dimulai tahun 2018 dan terhenti sementara hingga tahun 2020 dan mengalami dua kali revisi desain. Yang tadinya pakai semi basement, kini menjadi ditiadakan,” ujarnya saat berbincang dengan wartawan baru-baru ini.

Untuk konstruksi, struktur bangunan gereja terdiri dari pondasi dengan bore pile sedalam 14 meter ke dalam tanah. “Struktur kolom beton dan atap rangka baja berat,”katanya.

Dia juga mengatakan, perhitungan struktur dihitung khusus oleh ahli struktur yang bersertifikat.

“Sedangkan kita selaku arsitek hanya memberi desain, lalu ahli struktur mendesain struktur bangunan setelah diadakan penyelidikan tanah atau soiltest (pengambilan sample tanah),”katanya.

Konsep bangunan Gereja HKBP Tarutung Kota ini didesain dengan model bangunan modern.

“Ada elemen etnik dan konsep berciri khas warna putih yang sengaja kita buat supaya lebih everlasting (kekal dan abadi),”imbuhnya.

Kini bangunan gereja Tarutung Kota ini sudah tahap finishing plafon. Direncanakan selesai pada tahun 2022, termasuk interiornya.

 

Penulis   : Billy S
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU