Ferdy Sambo Cabut Gugatan ke Presiden Jokowi dan Kapolri

BERSPONSOR

NINNA.ID – Ferdy Sambo cabut gugatan ke Presiden Jokowi dan Kapolri. Padahal, baru sehari terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J itu melayangkan gugatannya ke Presiden dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait pemecatannya sebagai anggota Polri.

Kuasa hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis menyampaikan kalau gugatan terhadap Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di PTUN disampaikan Jumat (30/12/2022) itu, telah dicabut Sabtu (31/12/2022).

“Secara resmi klien kami memutuskan mencabut gugatan di PTUN terhadap Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor. 71/POLRI/Tahun 2022 tentang Pemberhentian Tidak Hormat Perwira Tinggi Polri tanggal 26 September 2022,” kata Arman Hanis.

Meski mencabut laporan itu, Arman Hanis menegaskan, upaya gugatan terhadap Jokowi dan Jenderal Listyo tersebut tetap merupakan ikhtiar yang sah secara hukum.

BERSPONSOR

Sayangnya, tidak ada penjelas sebagai alasan kenapa tiba-tiba Ferdy Sambo mencabut gugatan.

“Dengan segala pertimbangan dan kebesaran hati kami putuskan tidak menggunakan hak tersebut dan mencabut gugatan ini,” jelas Arman.

Ferdy Sambo juga memohon agar hakim memerintahkan Kapolri untuk menempatkan dan memulihkan kembali semua hak-haknya sebagai anggota Polri.

Seperi diberitakan sebelumnya, Ferdy Sambo menggugat Presiden Joko Widodo dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

BERSPONSOR
TERKAIT  Konservasi Saja Tidak Cukup, Hutan Amazon Perlu Dipulihkan

Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu mengatkan, dia tidak seharusnya dipecat dari Polri.

Gugatan dilayangkan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait pemecatan dirinya sebagai anggota Polri. Nomor pendaftaran gugatan Sambo tercatat dengan Nomor 476/G/2022/PTUN.JK, Kamis, 29 Desember 2022.

Informasi itu juga dapat diakses dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta.

Arman Hanis, pengacara Ferdy Sambo mengatakan, kliennya itu sebenarnya telah menyampaikan surat pengunduran diri sebagai anggota Polri.

- Advertisement -

Surat permohonan pengunduran diri itu disampaikan sebelum Komisi Kode Etik Polri memutuskan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

Menurut Arman Hanis, surat yang disampaikan pada 22 Agustus 2022 itu demi mendukung proses penyidikan kasusnya.

“Pada tanggal 22 Agustus 2022, demi mendukung proses penyidikan dan sebelum ada Putusan Sidang Komisi Kode Etik Polri dan Tingkat Banding,” kata Arman di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

“Ferdy Sambo telah menyampaikan surat pengunduran diri sebagai anggota Polri yang ditujukan kepada Tergugat II Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” katanya menambahkan.

Editor : Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU