spot_img

Etimologi dan Makna dalam HORAS (2 – habis)

NINNA.ID – Sesudah Doa, sang Tetua atau Ompung Namarsahala mamispisi (mereciki) semua keturunannya dan berkata:

“…Nang hamu pe sude urasonhu dohot Aek Sitiotio Nabadia on…Asa marbunga inggiringgir, tinko rata-rata, si angka pasupasuan sai pasauthon ma Debata. …..HUURAS JALA HUPISPIS MA HO….NASA HUPISPISI  MARTHITE AEK SITITIO NABADIA ON, SAI DAPOTAN HABADIAON, DAPOTAN PASUPASU. ASA TIO SONGON BABA NI MUAL, PUTI SOHALIAPAN, PUTI SOHALIPURPURON. HOT DIBAGASAN PATIKMU SO HARIBORIBOAN. SAI SUMURUT TARMALU SIAH HUASO NI SIBOLIS, SAI TARSONGGOT TARMALI MA HUASO NI TONDI NA HODAR, HINORHON NI TONDIM, SIALA HABADIAON NI ASIM HAMI SUDE DAPOTAN PASUPASUM  DEBATA MULAJADI NABOLON…”

Ada yang menarik dalam upacara ini yakni menggunakan materi air dan Utte Anggir (Jeruk Purut).

Ada dua sifat air yang paling hakiki. Pertama merendah, artinya air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Memang ini adalah hukum alam atau kodrat air selalu turun ke bagian yang lebih rendah. Ada pemahaman yang lebih luas dan mendalam yakni tanda kodrati atau alamiah itu bisa menunjukkan arti yang lebih besar. Sifat   air yang turun  dari tempat yang lebih tinggi dapat juga dilihat turunnya jiwa seorang ibu kepada  anaknya dalam rahim karena janin menyatu  dengan ibu.

Sifat kedua air adalah murni. Diri air adalah bening, jernih, polos, transparan. Dari dirinya air, itu tidak keruh, tidak kotor, tidak terkontaminasi. Kalaupun hal itu terjadi, itu adalah karena dibuat oleh yang lain: manusia, tanah, angin, dll.

TERKAIT  Sileme-leme: Sempat Viral kini Salah Desain

Dari dirinya, air tidak ada yang kotor sebab kotor itu bertentangan dengan diri air. Karena itulah sifat air murni dapat dikenakan untuk ketulusan dan  kemurnian hati. Kemurnian hati bagi orang batak menjadi pertanda dia punya sahala.

Selain dua sifat hakiki ada juga kegunaan air yang paling mendasar yakni sebagai air minum. Tanpa air minum manusia akan mati. Kasih dan kedalaman nurani.

Sedangkan Anggir adalah jenis tanaman bagus. Dulu sebelum ada shampo, kaum ibu menggunakan anggir untuk membersihkan kepalanya biasa disebut maranggir. Air anggir yang dicampur dengan air juga sangat bagus untuk tubuh. Rupanya tanaman anggir tidak bisa sembarang tumbuh dan hanya perempuan atau orang-orang tertentu yang bisa berhasil menanamnya.

Selamat, sehat dan damai
Kata horas dialamatkan kepada orang yang baru pulang dari perantauan dan ataupun yang mau berangkat; membuka dan menutup acara pesta. Kata horas yang berarti mohon keselamatan, proficiat: keberuntungan, terhindar dari malapetaka akhirnya penggunaannya menjadi suatu kebiasaan dan bahkan banyak dipakai dalam lagu-lagu.

Mengucapkan kata horas seharusnya dengan seluruh daya dan ketulusan hati. Karena ketika seseorang menyampaikan horas dengan sendirinya dia menyampaikan salam damai, berkat Tuhan, selamat dan persaudaraan. Horas

 

Penulis      : P.Moses Elias Situmorang OFMCap
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU