spot_img

Ekowisata Aek Nauli Semakin Diminati dengan Kehadiran Gajah

SIMALUNGUN – Pernah dengan arti kata Ekowisata? Jika diartikan secara singkat, ekowisata artinya wisata alam. Tapi, secara lengkap artinya kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam.

Jika kamu suka menjelajahi hutan, melihat berbagai jenis flora dan fauna, bisa dibilang kamu sedang ekowisata. Tapi, kamu harus berhati-hati agar tidak merusak ekosistem di hutan.

Salah satu Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) ada di Aek Nauli Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. Kawasan ini dikelola oleh Kementerian Kehutanan.

Ada sejumlah tempat menarik di sini. Ada taman rusa, taman konservasi gajah, camping ground, rute pendakian, dan lainnya.

Aek Nauli
Sisi kanan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Aek Nauli jika datang dari Pematangsiantar.(foto:damayanti)

Untuk taman rusa dan taman konservasi gajah dapat dilihat dari pinggir Jalan Raya Parapat Sibaganding sebelum melewati Panatapan Parapat. Untuk rute pendakian dan tempat berkemah biasanya masuk ke dalam KHDTK.

Para pengunjung biasanya ramai di hari libur seperti Minggu dan hari besar lainnya. Untuk masuk ke sini biasanya harus permisi dari petugas keamanan yang berjaga di pintu gerbang.

Aek Nauli
Sisi kiri Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Aek Nauli jika kita dari Medan.(foto:damayanti)

Biasanya, jika tamu berasal dari instansi tertentu, akan diarahkan menjumpai langsung pegawai Kementerian Kehutanan. Sebaliknya, jika tamu sekadar pengunjung biasa dapat langsung menuju taman rusa. Jika ingin berkemah, juga harus bertanya kepada staf bertugas untuk menginformasikan kapan dan berapa lama berkemah di sana.

TERKAIT  Mengintip Pesona Taman Wisata Iman Dairi

Untuk melihat Gajah tidak bisa setiap saat. Ada waktu tertentu ditetapkan agar gajah tidak diganggu oleh para pengunjung. Biasanya, gajah dapat dilihat di hari Minggu. Para pengunjung harus membayar retribusi untuk bermain dan diperbolehkan berfoto bersama gajah.

Aek Nauli Gajah
Seorang wisatawan berfoto di taman gajah kawasan hutan dengan tujuan khusus Aek Nauli.(foto:ist)

Tersedia pondok-pondok untuk istirahat. Ada meja dan kursi untuk nongkrong. Ada tangga-tangga untuk melihat rusa dari jarak dekat. Ada spot-spot foto bagus khususnya di kawasan hutan tersebut. Sepengetahuan penulis, beberapa kali saat masuk untuk berkunjung ke Taman Rusa, tidak ada retribusi. Tapi untuk camping ground dan bermain bersama gajah, ada biaya dikenakan.

Lokasi KHDTK Aek Nauli berada di Jalan Raya Parapat Km. 10,5, Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Di sisi kiri ada tulisan Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC). Sisi kanan ada tulisan KHDTK Aek Nauli. Sebelum kamu melihat indahnya Danau Toba, kenapa tidak berkunjung ke kawasan hutan ini?

Seperti biasa, Ninna berpesan, jangan buang sembarangan dan jangan merusak fasilitas yang ada. Kelak, saat kamu datang kembali berkunjung, kamu juga ikut senang melihat kawasan ini tetap cantik, menarik dan layak untuk dikunjungi.

Penulis      : Damayanti
Editor         : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU