NINNA.ID-Untuk mendukung acara F1H2O, lima operator transportasi layani rute Kualanamu-Balige. Kelima operator tersebut di antaranya Damri, ALS, Nice, Almasar, dan Paradep.
Kelima operator transportasi tersebut akan melayani enam trip selama sehari khususnya pada saat acara F1 Powerboat diselenggarakan yakni 2-3 Maret 2024.
Adapun waktu keberangkatan dimulai pukul trip pertama 09.00 WIB, trip kedua 10.30 WIB, trip ketiga 12.00 WIB, trip keempat 13.30 WIB, trip kelima 15.00 WIB, dan trip keenam 16.30 WIB.
“Kemarin hasil rapat diputuskan selama event F1H20 di Balige, operator transportasi tersebut akan melayani rute Kualanamu-Balige dukung event F1 Powerboat. Belum tahu apakah itu akan berlanjut. Itu bergantung hitung-hitungan operator transportasi tersebut apakah bisa lanjut untuk terus beroperasi rute Kualanamu-Balige,” jelas Yuliana kepada Ninna, saat dikonfirmasi pada Jumat 23 Februari 2024.
Tarif yang dikenakan rute Kualanamu-Balige yakni 200.000/orang. Selain tanggal 2-3 Maret 2024, sejumlah operator transportasi lain seperti Damri, Nice, ALS, dan Paradep telah berada di Bandara Kualanamu per Sabtu 24 Februari 2024 melayani rute Kualanamu-Balige.
F1 Powerboat 2024 terbagi menjadi dua kategori yaitu tiket Grandstand A dan Grandstand B dijual dengan harga 500.000, sedangkan kategori festival 200.000. Tiket bisa didapatkan secara online di Tiket.com
Di tempat terpisah, saat meninjau arena F1 Powerboat, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengharapkan dengan perhelatan akbar F1 Powerboat dapat memicu munculnya event-event internasional lain di Sumut khususnya kawasan Danau Toba.
Dengan begitu kunjungan wisatawan di Sumut akan meningkat.
“Apalagi Sumut memiliki potensi sport tourism, aquabike, powerboat, balap rally telah sukses dilaksanakan. Diharapkan nantinya semakin banyak event sport tourism yang bisa dikembangkan di Sumut,” ujarnya
PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan destinasi pariwisata khususnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya Danau Toba.
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, di Medan, Kamis, mengatakan salah satu upaya untuk membangun destination branding dan awareness ialah dengan menyelenggarakan kegiatan internasional.
“Mengembangkan destinasi pariwisata butuh upaya berkelanjutan sehingga dengan acara yang berkelanjutan seperti F1Powerboat Danau Toba tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa serta dampak ekonomi jangka panjang yang dapat mencapai Rp1,7 triliun,” ujar Maya Watono.
Penulis: Damayanti Sinaga