spot_img

Dua Air Terjun Lengkapi Keindahan Taman Wisata Iman

DAIRI – Selain sebagai replika toleransi, Taman Wisata Iman (TWI) di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara juga spot alam yang indah. Belum banyak yang tahu, ternyata di TWI ini ada dua aliran air terjun yang indah. Air Terjun Sampendabah dan Air Terjun Janji itu berada di lembah kawasan TWI.

Kedua air terjun ini letaknya  persis di bawah Bukit Golgota (miniatur Jesus disalibkan). Untuk menuju ke sini anda harus menyusuri jalan sepanjang 300 meter yang berkelok berada di bibir tebing.

Walau di sebagian akses jalan telah ada anak tangga menurun, tapi anda harus tetap berhati-hati dan waspada, khususnya saat musim penghujan. Anak tangga itu sedikit licin dan rawan longsor. Selama dalam perjalanan, suara gemuruh dari kedua air terjun akan terdengar menyambut pengunjung sampai di lokasi.

Air Terjun Wisata Iman 2
Air Terjun Janji.(foto:fajar)

Rasa lelah akan hilang saat melihat keindahan dua  air terjun yang dikelilingi pepohonan nan rimbun dan asri.  Percikan air yang jatuh di bebatuan dan terbang terbawa hembusan angin terasa sejuk saat menerpa tubuh.

Air terjun Sampendabah tingginya sekitar 35 meter, bersumber dari dari sungai Lae Pendaroh. Sedangkan Air Terjun Janji tingginya 20 meter. Air terjun janji yang punya tujuh tingkat ini diberi nama Janji sesuai nama aliran sungainya yakni Lae Janji.

TERKAIT  Pemandian Alam Lau Timah Dairi, Jernih Berkhasiat

Menurut warga sekitar, ada beberapa larangan saat berada di lokasi air terjun yang masih sakral ini. Jaga lisan anda dan jangan buang sampah sembarangan.

“Apalagi membawa makanan yang dipantangkan,” kata Dendro Kudadiri yang tinggal tidak jauh dari lokasi air terjun.

Untuk menjaga keselamatan pengunjung, ada batasan untuk mandi dan berfoto di tempat itu. Dendro juga menjelaskan, kalau nama Air terjun Lae Janji punya sejarah tersendiri. Menurut orang tua terdahulu di aliran sungai ini digunakan Raja Sisingamangaraja berjanji/berdamai dengan Belanda. Wah, cerita seru ini.

 

Penulis  : Fajar
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU