spot_img

Dolok Sigualon Miliki Wahana Selfie Seolah Melayang di Udara

SIMALUNGUN – Dolok Sigualon kini semakin menarik untuk dikunjungi. Seperti namanya, Dolok (dalam bahasa Batak artinya bukit) ini tentu berada di ketinggian, sehingga butuh tenaga ekstra untuk mencapainya. Tapi tidak perlu khawatir. Bagi bro dan sista yang tidak kuat berjalan kaki, sudah dibangun jalan rabat beton yang bisa dilalui kendaraan.

Bagi pehobi sepeda gunung, akses jalan ini sangat cocok. Jika sepanjang penatapan di jalan lintas Parapat – Pematangsiantar saja sudah cukup tinggi dari permukaan Danau Toba, Dolok Sigualon ini tentu jauh lebih tinggi lagi. Sebab untuk mencapai Dolok Sigualon ini kita harus mendaki lagi melalui persimpangan jalan dari areal penatapan Parapat.

Dolok Sigualon Wahana 3
Kondisi jalan menuju Dolok Sigualon.(foto:asmon)

Beberapa saat setelah memulai perjalanan ke atas bukit, bro dan sista tentu akan disuguhi keindahan alam Danau Toba. Selanjutnya hamparan ilalang di antara kebun kopi yang seolah menempel di dinding bukit berbatu sungguh semakin menyatukan pengunjung dengan alam.

Sudah ada wahana selfie yang menanti bro dan sista. Salah satunya wahana selfie berupa replika speed boat. Replika speed boat ini dibangun di dinding tebing bukit dengan tiang penyangga yang cukup tinggi untuk menopang bagian depan Speed Boat.

Saat berada di dalam speed boat ini seolah kita sedang berselancar di awang-awang. Terlebih saat angin berhembus kencang, sangat seru.

Selain replika speed boat ini, juga tersedia wahana selfie di atas pohon. Panorama dari Dolok Sigualon ini memang sungguh memiliki sensasi tersendiri. Selain menyuguhkan panorama alam Danau Toba, dinding bukit batu yang menjulang kokoh juga sangat tepat dikembangkan untuk olah raga panjat tebing.

TERKAIT  Pesona Jejak Sang Proklamator di Tepi Danau Toba
Wahana Selfie Sigualon 1
Spot selfie yang juga sangat menarik di Dolok Sigualon.(foto:asmon)

Di sekitar lokasi kini juga sedang dikembangkan kebun bunga yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Jaya Abadi. Ke depannya objek wisata Dolok Sigualon ini juga akan dihiasi oleh beragam tanaman bunga. Dolok Sigualon ini juga sudah tersambung dengan Bangun Dolok hingga keluar ke terminal Parapat.

Untuk mencapai lokasi cukup mudah, hanya berjarak sekitar 5 Km sebelum kota Parapat kalau kita datang dari arah Pematangsiantar. Di persimpangan menuju lokasi sudah ada  gapura sebagai penanda. Selengkapnya objek wisata Dolok Sigualon beralamat di Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

 

Penulis : Asmon Pardede
Editor    : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU