spot_img

Dolok Sigoalon, Wisata Puncak yang Baru dari Parapat

SIMALUNGUN – Jangan pernah bosan ke Kota Parapat. Selain sebagai salah satu ikon pariwisata Danau Toba yang sudah terkenal, daerah ini kerap membuat kejutan. Yang terbaru,  ada Dolok Sigoalon di salah satu sudut lereng bukit kawasan Parapat. Destinasi ini menambah deretan lokasi Sport Tourism dan Ecowisata di kawasan Danau Toba.

Bukit atau Dolok Sigoalon merupakan obyek wisata puncak yang baru dirintis. Terletak sebelum kawasan kota wisata Parapat, di bukit Sualan Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

Bukit yang berjarak lima kilometer sebelum Kota Parapat ini, menawarkan panorama indah landsacpe Danau Toba, yang berdindingkan deretan sisi gunung yang meliuk. Kelokan menanjak dan menurun menuju bukti ini, mampu memacu adrenalin sekaligus sebagai spot selfie yang indah menghadap ke arah danau.

Menjelajah Dolok Sigoalon tidaklah sulit. Traveler bisa menggunakan sepeda motor atau tracking ke arah puncak. Mengawali langkah dari titik persimpangan jalan ke arah bukit saja, sudah disuguhkan pemandangan danau, berpadu dengan spot situs Batu Gantung Sibaganding.

Semakin menanjak  mengikuti liukan gunung,desahan nafas terasa semakin cepat, lelah terasa. Tapi tak usah khawatir, ada beberapa titik yang bisa digunakan mengaso, sembari terus mendapakan keindahan alam sebagai pembayar lelah. Menariknya lagi,  tiap sudut liukan ternyata telah ditanami berbagai aneka tanaman dan bunga sebagai pemanis, yang dikelola penduduk setempat.

TERKAIT  Serunya Memberi Makan Monyet Liar di Tepi Jalan Tele

Mendukung kenyamanan traveler, ada pondok berdiri di atas bukit. Dari sini, traveler dapat melepas nafas panjang dan bila tertarik bolehlah menikmati secangkir kopi atau minuman dan cemilan lain yang tersedia di sana.

Menurut pangulu setempat, Martno Bakkara,  lokasi wisata yang berada di wilayah nagori yang dia pimpin, sangat cocok bagi kaum milenial, yang suka tantangan.

“Lokasi Dolok Sigoalon cocok untuk tracking dan Hash. Terlebih, buat adu adrenalin seperti sepeda gunung, trail, camping sambil berselfie ria di tengah deretan perbukitan yang dipadu dengan panorama alam dan danau,” tuturnya.

Jalur dari Dolok Sigoalon ini, menurutnya bisa terhubung hingga ke Kota Parapat melalui jalur gunung di Bangun Dolok, dan sangat cocok untuk dijadikan lokasi Sport Tourism dan Ecowisata.

Lokasi Dolok Sigoalon juga tak jauh dari lokasi Penatapan Parpat sepanjang jalan utama. Puas menikmati Dolok Sigoalon, traveler bisa memilih lokasi bersantai di deretan rumah makan dan coffeeshop di sepanjang jalan di Panatapan Parapat sambil istirahat dan kembali menikmati pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir di kejauhan.

 

Penulis   : Feriandra
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU