spot_img

Dlleng Simpon, Lokasi Adventure Gunung di Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT – Bagi yang mencari tempat berpetualang mendaki gunung di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara, bisa mengunjungi Dlleng Simpon. Dlleng, dalam bahasa Pakpak menyebutkan gunung.

Puncak Dlleng Simpon ini berada sekitar 1.000  meter di atas permukaan laut. Dlleng Simpon memiliki daya tarik wisata alam yang indah. Tempat ini telah lama menjadi objek wisata masyarakat setempat dan masyarakat dari luar daerah pecinta petualangan.

Lokasi Delleng Simpon ini tepatnya berada di Desa Ulumerah kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, persisnya berada di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hansundutan.

Di puncak Dlleng Simpon ini, pemandangan alam pegunungan yang indah dan menakjubkan tidak akan sulit ditemukan, karena puncak Delleng Simpon dikelilingi hamparan pegunungan yang masih asri alami.

Saat mendaki ke puncak Dlleng Simpon, pemandangan yang paling utama menjadi latar foto yang ditunggu-tunggu para pendaki, yaitu saat Sunrise atau matahari terbit dan juga saat Sunset atau matahari terbenam.

Dlleng Simpon 2
Sunrise dari puncak Dlleng Simpon.(Foto:lastro)

“Amazing bang. Sangat menakjubkan pas melihat langsung matahari terbit. Rasa capek selama pendakian terbayarkan. Puaslah pokoknya,” ungkap Lita warga Pakpak yang pernah mendaki kepada ninnA.id.

Berada di puncak gunung itu, kata pendaki lain, ada kalanya serasa seperti berada di negeri di atas awan. Suasana di atas sana, jika beruntung, terkadang dikelilingi oleh awan putih sejauh mata memandang.

TERKAIT  Misteri Tano Ponggol, Kerbau Takut Melewatinya
Dlleng Simpon 3
Awan putih dari puncak Dlleng Simpon.(Foto:lastro)

“Pemandangan seperti ini memang jarang-jarang ditemukan saat mendaki di Puncak Dlleng Simpon ini. Saya merasa sangat beruntung bisa berada di negeri di atas awan di puncak Dlleng Simpon ini,” kata Dani salah seorang pendaki puncak Dlleng Simpon kepada ninnA.id baru-baru ini.

Jika bro dan sista tertarik beradventure ke puncak Dlleng Simpon ini, stamina tubuh betul-betul fit ya, karena mendaki ke puncak Dlleng Simpon ini memakan waktu empat sampai lima jam perjalanan.

Jarak kaki gunung Dlleng Simpon dari Kota Salak sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan kurang lebih sekitar satu jam sampai di lokasi.

Disarankan kepada para pendaki agar melengkapi segala kebutuhan mulai dari makanan dan minuman dan tentunya perlengkapan untuk pendakian. Bagi pendaki yang membawa kendaraan roda dua, ada jasa penitipan kendaraan di sekitar titik awal pendakian. Harganya tidak mahal, hanya Rp 10.000 dan kendaraan anda utuh sampai kembali.

 

Penulis   : Lastro Banurea
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU