Dishub Sumut Gelar Rakor Bidang Transportasi Kesiapan Penyelenggaraan PON XXI Sumut-Aceh 2024

BERSPONSOR

Medan, NINNA.ID-Dalam upaya memastikan kelancaran penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumut-Aceh, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara menggelar Rapat Koordinasi Bidang Transportasi.

Kepala Dishub Sumut yang juga Ketua Bidang Transportasi PON XXI Sumut-Aceh, Agustinus Panjaitan, menyampaikan bahwa Dishub Sumut akan mengintegrasikan teknologi aplikasi transportasi dan manajemen fleet.

“Kami akan menyiapkan aplikasi transportasi yang terintegrasi dengan sistem aplikasi yang dikelola PB PON Sumut. Aplikasi ini memudahkan atlet, official, Panpel dan tamu untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan kendaraan, estimasi kedatangan, dan perkiraan waktu tunggu,” ujar Agustinus Panjaitan dalam konferensi pers di Hotel Santika, Medan, pada Rabu (6/3/2024).

Teknologi tersebut mencakup manajemen fleet untuk memonitor dan melacak (tracking) kendaraan yang digunakan selama PON. Dengan ini, Dishub Sumut berharap dapat memberikan layanan transportasi yang efisien dan terkoordinasi.

BERSPONSOR

Rakor ini juga menegaskan dukungan dari pihak Otoritas Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura Aviasi, dan Ditlantas Polda Sumut. Bandara Kualanamu berkomitmen menyediakan penanganan kedatangan dan keberangkatan penumpang dibandara, dan penyediaan posko terpadu serta area pengendapan bus.

TERKAIT  Tayang Selasa, 17 Mei 2023, Nonton Film Killing Season Full HD Gratis di Bioskop Trans TV
PON
Agustinus Panjaitan dalam konferensi pers di Hotel Santika, Medan, pada Rabu (6/3/2024). (foto: Gugun)

PT Angkasa Pura Aviasi memastikan akan mengelola kedatangan dan kepulangan kontingen PON, termasuk penyiapan posko dan pengaturan bus. Sementara Ditlantas Polda Sumut siap menangani manajemen rekayasa lalu lintas dan patroli pengawalan untuk tamu-tamu VIP.

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub RI juga menyatakan dukungannya dengan mengalokasikan anggaran APBN sebesar Rp 66 miliar untuk penyediaan sarana bus dalam penyelenggaraan PON Aceh-Sumut.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, Dishub Sumut optimistis bahwa pemanfaatan teknologi dan sinergi antar pemangku kebijakan akan membawa PON XXI 2024 Sumut-Aceh meraih sukses dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

BERSPONSOR

Penulis: Gugun
Editor: Damayanti Sinaga

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU