Dirut Pertamina, Satu dari 50 Perempuan Berpengaruh di Dunia

BERSPONSOR

NINNA.ID – Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, kembali dinobatkan Fortune Media sebagai salah satu dari 50 perempuan paling berpengaruh di Dunia (Most Powerful Woman International).

Menurut Fortune, Dirut Pertamina ini menjadi satu-satunya perempuan dari Indonesia, bahkan dari negara-negara ASEAN, yang masuk dalam daftar Most Powerful Women International. Nikke juga dinobatkan sebagai salah satu dari dua wanita dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Sektor energi, atau perusahaan minyak dan gas internasional, memiliki lima chief executive officer (CEO). Selain Nicke Widyawati, nama lain tercatat. Lynn Good dari Duke Energy, sebuah perusahaan energi yang berbasis di AS. Juga Catherine MacGregor dari perusahaan Prancis Engie, Vicki Hollub (Accidental Petroleum) dan Jennifer Rumsey (Cummins, USA).

Nicke sebelumnya juga masuk dalam daftar perempuan berpengaruh skala internasional dari Fortune dan Forbes pada tahun 2020 dan 2021.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas penilaian baik dan pengakuan masyarakat Internasional. Penghargaan ini telah melengkapi penghargaan atas Pertamina yang juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam Fortune Global 500,” ucap Nicke.

TERKAIT  OPPO A77s, Smartphone Mainstream dengan Rasa Premium

Jejak karier Nicke hingga menjadi Direktur Utama PT Pertamina
Sebelum singgah di Pertamina, perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 itu, sudah menjejaki karir di perusahaan energi pelat merah. Tetapi, kala itu ia menjalankan tugas sebagai direktur pengadaan strategis 1 PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN pada 2014.

BERSPONSOR

Ia juga pernah berkarier di PT Rekayasa Industri dan PT Mega Eltra. Di Mega Eltra yang merupakan BUMN bidang kelistrikan, Nicke sempat menjadi direktur utama hingga akhirnya hengkang ke PLN.

Dari sisi pendidikan, Nicke merupakan Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1991. Selanjutnya, ia menempuh pendidikan Master Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran pada 2009.

Nicke tercatat pernah meraih penghargaan, di antaranya Women’s Empowerment Principles (WEPs) 2021 untuk kategori Leadership Commitment dan Indonesia Best CEO Award 2021 kategori Employees’ Choice dari Iconomics Research and Consulting.(suara)

 

BERSPONSOR

Editor   :  Mahadi Sitanggang

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU