spot_img

Diamond Land Fashion Show di Toba Geofest

TOBA – Destinasi wisata pantai, Diamond Land di Desa Sibuntuon, Kecamatan Uluan Kabupaten Toba, lewat Yayasan Horas Huta Nabolon yang dikoordinir Berliana Purba, Sabtu (30/07/2022), melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk kemajuan pariwisata Danau Toba.

Kegiatan yang diberi nama Toba Geofest tersebut seyogianya dilaksanakan di atas kapal sembari berlayar dari Diamond Land hingga Air Terjun Situmurun. Namun angin yang bertiup kencang di seputaran Danau Toba membuat panitia mengurungkan niat untuk berlayar. Pemilik kapal juga tidak berani mengoperasikan kapal karena dari pagi hingga sore hari angin tetap bertiup kencang.

Batal berlayar dan melaksanakan kegiatan, tidak membuat pihak penyelenggara maupun peserta kegiatan putus asa. Malah sebagian peserta yang sudah tiba di lokasi keberangkatan, spontan memanfaatkan waktu yang ada untuk menikmati suasana pantai Diamond Land.

Ombak bergulung-gulung yang bisa mengcaman kapal berlayar, malah begitu menggoda untuk dinikmati dari tepi pantai. Vina Butarbutar seorang peserta yang dikenal juga sebagai penggiat UMKM mengambil alih momen dan mengarahkan seluruh peserta untuk berkumpul di kantin Diamond Land.

Penggiat tenun dari Sigaol yang baru baru ini tampil sebagai juara kategori pewarna ulos dengan bahan alami pada acara W20 Summit di Parapat, didaulat oleh Vina untuk memamerkan aneka jenis ulos dengan bahan pewarna alami.

Sebagian peserta secara spontan mencoba mengenakan beberapa jenis ulos tersebut sembari melengak lenggok bak model di bibir pantai. Tak ayal para model dadakan itu membuat suasana di pantai Diamond Land berubah ceria.

TERKAIT  Dermaga Jetty Samosir Kini Beroperasi Kembali

“Batal berlayar kita malah punya Diamond Land Fashion Show ya,” seru seorang ibu yang selalu aktif mengabadikan setiap momen yang ada.

Di sela-sela waktu yang ada, sebelum makan siang, Berliana Purba menjelaskan tujuan kegiatan yang seyogianya dilaksanakan di atas 2 unit kapal, untuk berlayar pagi dan satu lagi pada siang hari.

Kegiatan ini direncanakan diisi dengan penyematan logo Geopark Kaldera Toba (GKT) pada produk lokal Geosite Situmurun Uluan Block menuju Geo Produk.

Namun para pelaku UMKM yang hadir sepertinya nyaris melupakan penyematan logo GKT pada produk mereka sebab beberapa tokoh undangan yang akan menyematkan logo GKT mendapat informasi penundaan kegiatan.

Namun saat sore mulai menjelang dan peserta mulai lelah menikmati keceriaan yang ada, tanpa diduga Mangindar Simbolon selaku Ketua Harian Toba Caldera UNESCO Global Geopark tiba-tiba hadir di lokasi dan menyematkan logo GKT pada bebera produk lokal. Keceriaan lengkap sudah.

“Terimakasih kepada Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba dan juga kepada media Ninna.id yang selalu support kegiatan kita ya,” ucap Berliana Purba didampingi para pelaku UMKM dari Geosite Situmurun Uluan Block.

 

Penulis    : Asmon Pardede
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU