spot_img

Diamond Land Destinasi Wisata Berkonsep Geowisata dari Toba

TOBA – Pagi nan cerah seolah menggambarkan kegembiraan hati seorang Berliana Purba ketika ratusan tamu undangan terlihat terkesima saat menghadiri launching  destinasi wisata pantai, Jumat (17/06/2022), yang baru dirintisnya di Dusun 3 Lumban Padang, Desa Sibuntuon, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba. Tidak sembarang wisata pantai, destinasi wisata ini mengusung konsep geowisata. Pantai ini memiliki pasir yang tidak hanya putih, namun berkilauan bak berlian. Atas dasar itu pula maka destinasi ini diberi nama Diamond Land.

“Kenapa bukan Diamond Beach? Karena bukan hanya wisata pantai yang ditawarkan di sini. Sesuai konsep geowisata kami berusaha agar kekayaan alam di sini bisa mensejahterakan masyarakat sekitar. Dan tentunya dikelola oleh penduduk setempat atau Akamsi  (anak kampung sini). Bahan bangunan juga diupayakan dari alam sekitar seperti kantin yang dibangun dengan konstruksi bambu dan ijuk sebagai atapnya. Bahkan minuman yang tersedia di kantin juga berupa produk kawasan Danau Toba seperti Mango Wine produk Ecovillage Silimalombu Kabupaten Samosir. Pelan-pelan dibenahi. Akses menuju lokasi akan segera diperbaiki,” ujar Berliana.

Senada, Ketua Kelompok Geowisata Diamond Land Manditar Manurung selaku pengelola Diamond Land mengatakan, lahan untuk akses jalan sudah tidak ada kendala dari segi pembebasan lahan.

TERKAIT  Libur Lebaran Homestay Kampung Warna Warni Diserbu

Di sela-sela acara, para tamu undangan disuguhi tarian tortor dan MARS Diamond Land. Pada acara peresmian itu tampak hadir dan memberi kata sambutan yakni Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Augus Sitorus beserta rombongan, mewakili Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara/Badan Pengelola Toba Caldera UNESCO Global Geopark Debbie Panjaitan, pengelola Taman Eden Marandus Sirait, perwakilan dari PT Inalum, IT DEL dan para undangan lainnya.

Diamond Land berkonsep geowisata
Sekda Toba Augus Sitorus menggunting pita peresmian Diamond Land.(foto:asmon)

Pada kesempatan tersebut sekda Augus Sitorus didaulat untuk melakukan pengguntingan pita peresmian Diamond Land. Sebelum acara peremian ditutup oleh Camat Uluan Henry Butarbutar, terlebih dahulu Kepala Desa Sibuntuon Randianto MT Manurung menyampaikan harapannya agar kelak desa yang dipimpinnya lebih maju hingga bisa mendapatkan PAD dari sektor pariwisata demi kesejahteraan masyarakat desa.

Di akhir acara, pengunjung dihibur dengan lagu-lagu hits yang dibawakan oleh Beteng Band. Amatan ninnA, destinasi yang baru saja dibuka ini cukup menjanjikan karena kondisi pantai ini cukup landai serta berpasir putih dan didukung oleh suasana perkampungan yang dikelilingi hamparan persawahan ditambah dengan indahnya view Danau Toba dengan background pegunungan bukit barisan yang berdiri kokoh di sisi Timur.

 

Penulis   : Asmon Pardede
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU