spot_img

Dewi Tigarihit Wakili Danau Toba dalam ADWI 2022

SIMALUNGUNKampung Warna Warni Tigarihit Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun menjadi satu-satunya wakil Desa Wisata (Dewi) dari Kawasan Danau Toba, yang masuk dalam 50 Dewi terbaik seluruh Indonesia.

Dewi Tigarihit bersama dua Dewi lain dari Sumut: Dewi dari Langkat dan Dewi dari Nias Selatan terpilih bersama dengan Dewi terbaik perwakilan 34 povinsi lainnya.

Peringkat 50 Dewi terbaik Anugerah Dewa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 itu diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (27/04/2022) lalu.

Ketua Pokdarwis  Kampung Warna Warni Tigarihit Mike W Sinaga, mengaku sangat terkejut dengan pengumuman Menparekraf Sandi, karena Kampung Warna Warni Tigarihit masih seumur jagung berhasil dinobatkan jadi salah satu Dewi terbaik ADWI 2022.

“Puji Tuhan Kampung Warna Warni Tigarihit Masuk 50 Besar Terbaik dalam ADWI 2022 oleh kemenparekraf. Hasil itu suatu pencapaian yang luar biasa bagi kampung kita yang masih 2 tahun menjadi Desa Wisata. Peringkat itu bukan suatu kebanggaan namun suatu cambuk dan tantangan bagi kita, karena di sana-sini masih banyak kekurangan, kelemahan bahkan perlu bantuan materi dan non materi untuk mengembangkan lebih baik lagi,” ujar Mike, Jumat (29/04/2022).

Menurut Mike, peringkat 50 besar yang diemban Kampung Warna Warni Tigarihit merupakan hasil kerjasama semua tim, anggota dan warga Tigarihit, sehingga perlu konsistensi agar ke depan semakin solid.

“Kita berharap warga Tigarihit dan Tim Pokdarwis semakin bangga dan bergandengan tangan memajukan Kampung Tigarihit, terlebih dalam pelayanan bagi tamu dan kebersihan lingkungan kampung,” harap Mike.

TERKAIT  Dua Sisi Event Pariwisata Festival Gondang Naposo

Saat ini, kata Mike, pengelola Pokdarwis Kampung Warna Warni Tigarihit harus mempersiapkan diri terkait rencana peninjauan tim Menparekraf bersama dewan juri ke Dewi Kampung Tigarihit.

“Sekarang kita harus siap menerima tim kurasi lapangan dari Kemenparekraf. Proses pendaftaran yang dimulai dari tanggal 19 Februari 2022 hingga 31 Maret 2022 lalu secara online tidak mengalami kendala berarti karena dibantu tim, sehingga bisa mendaftar dengan lancar di Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf,” ujar Mike.

Melalui chanel YouTube Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan lebih dari 7 ribu desa wisata ada di seluruh Indonesia. Pada tahun 2022 terjaring 3.419 peserta desa wisata dari 34 Provinsi di Indonesia. Rangkaian anugerah, sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

Proses kurasi dimulai dari 500 desa wisata, kemudian 300 desa wisata. Lalu dikerucutkan lagi 100 besar hingga terpilih 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia Bangkit yang baru saja diumumkan.

Untuk rangkaian selanjutnya, Sandiaga Salahuddin Uno bersama dewan juri akan meninjau langsung 50 desa wisata terbaik tersebut. Ia juga menyampaikan kepada para peserta desa wisata yang tidak lolos, untuk tetap meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jadesta Kemenparekraf.

 

Penulis  : Ferindraha
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU