spot_img

Destinasi Baru Wisata Alam dan Budaya Ada di Desa Ini

NINNA.ID – TOBA

Ide cemerlang merupakan predikat yang patut diberikan kepada Kepala Desa Pardomuan Ajibata, Tambatua Sirait. Di bawah kepemimpinannya yang perlahan tapi pasti,  desa wisata mulai terwujud dan terlihat mulai nyata. Kades berhasil jemput bola anggaran dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pembangunan gazebo dan jalan setapak yang telah dimulai atas ide dan gagasannya, akhirnya berbuah manis dan bukan sekedar mimpi. Sarana dan prasarana juga dibangun, di lahan yang telah dihibahkan warga ke pemerintah desa untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata .

Desa Pardomuan Ajibata yang telah dinobatkan oleh Bupati Toba kala itu, menjadi desa wisata, mulai digagas dan dikembangkan oleh Pak Kades sebagai lokasi dan destinasi wisata alam terbaru di kawasan super prioritas unggulan Danau Toba. Tepatnya di Desa Pardomuan Ajibata Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Menikmati wisata alam dan budaya di desa ini akan disuguhkan panorama alam yang eksotis nan asri, ditemani dengan suara desiran aliran Sungai Naborsahan dan pemandangan hamparan sawah.

Desa Pardomuan Ajibata yang terdiri dari dua dusun ini, menyimpan banyak potensi wisata. Letaknya terbilang tidak begitu jauh dari Kota Wisata Parapat, hanya butuh waktu 5 menit, bila ingin menjajal lokasi lembah dan gunung yang eksotis itu.

Kedua dusun di desa itu memiliki daya tarik wisata yang berbeda, Dusun 1 Sijambur memiliki hamparan sawah dan aliran sungai yang sangat cocok dengan lokasi wisata sungai, seperti pemandian dan river tubing (arung jeram menggunakan ban), camping area, lokasi kuliner dan pemondokan santai.

TERKAIT  Replika Ka'bah Wisata Religi Umat Islam di TWI Dairi
Kisah Pancur Napitu terkait dengan wisata budaya di Desa Pardomuan (foto/ferindra)

Sedangkan Dusun 2 Lumban Sirait menyimpan sejuta kisah legendaris di Pancur Sipitu yang akan dinobatkan sebagai lokasi wisata budaya dengan berbagai ciri khas yang ada di sekitarnya.

Menikmati keindahan destinasi alam dan budaya di Desa Pardomuan Ajibata bukan hal sulit, dalam desa itu telah terbentuk Kelompok Sadar Wisata dan warga yang sudah paham informasi dalam pelayanan jasa wisata bahkan ada beberapa guide lokal putra daerah setempat.

Selain destinasi wisata alam dan budaya, lokasi desa ini sangatlah mendukung dalam berbagai atraksi kepariwisataan. Seperti trekking, sepeda gunung, konser lapangan, atraksi budaya dan lainnya yang bisa memacu adrenalin penikmat wisata.

Keunikan lain yang dimiliki desa ini adalah aliran Sungai Naborsahan yang masih asri dan menghasilkan Ikan Batak, sebagai salah satu jenis ikan yang tergolong endemik, karena hanya ditemukan di tanah Batak saja. Masyarakat Batak biasa menyebut ikan ini dengan sebutan Dekke Ihan atau Ikan Batak.

Ikan Batak ini sejak dulu sering juga dijadikan sebagai persembahan pada upacara adat. Sekarang ikan yang sebagian daerah menganggap keramat ini sudah sangat jarang ditemukan, bahkan mendekati punah. Namun ikan endemik itu masih bisa ditemukan di Sungai Naborsahan, di Desa Pardomuan Ajibata ini bila musimnya tiba.

Penulis :Ferindra
Editor   :Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU