spot_img

Desa Wisata Tarabunga yang Bikin Ketagihan

TOBA – Dari beberapa desa wisata yang ada di Kabupaten Toba, Desa Wisata Tarabunga barangkali salah satu desa wisata yang paling wajib untuk dikunjungi. Panorama alamnya yang sudah terkenal sangat indah, kini semakin lengkap dengan kehadiran beberapa amenitas pariwisata.

Berkunjung ke destinasi wisata yang berada di Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba ini, sepanjang perjalanan mulai dari jalan lintas Sumatera hingga tiba di lokasi, bro dan sista akan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan.

desa wisata 4
Dolok Tolong terlihat megah.(foto:asmon)

Begitu masuk dari simpang dengan gapura sebagai penunjuk jalan, terlihat rumah-rumah penduduk lokal menghiasi hamparan persawahan yang membentang bak permadani hijau, sangat memanjakan mata.

Selain itu, puncak Dolok Tolong yang berdiri kokoh di sebelah kanan seolah menantang siapa saja yang melihatnya untuk berswa foto, terlebih di saat cuaca tertentu, pelangi muncul dengan salah satu kakinya berada di puncak gunung sementara satunya lagi berada di Danau Toba. Indah sekali.

Begitu bro dan sista tiba di gerbang desa, kembali harus berhenti dan mengeluarkan kamera, sebab gapura selamat datang berbentuk huruf A yang dihiasi ornamen Gorga Batak begitu menggoda jiwa untuk berselfie ria.

desa wisata 3
Gapura Desa Wisata Tarabunga.(foto:asmon)

Setibanya di gapura ini pertanda bro dan sista tidak salah jalan dan sebentar lagi akan menikmati suasana Desa Wisata Tarabunga.

Puas menikmati indah dan megahnya gapura, masih melewati area persawahan, kembali ada simpang ke arah kiri yang dijaga oleh petugas dari desa. Di pos ini petugas mengutip retribusi Rp5.000 sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Melewati pos penjagaan, spot wisata rumah pohon sudah menanti anda.

desa wisata 2
Desa Tarabung terlihat ramai dikunjungi.(foto: asmon)

Wisata rumah pohon ini berada di puncak bukit yang menghadap langsung ke Danau Toba. Kursi dan meja yang disusun sedemikian rupa di antara deretan pohon pinus sangat tepat untuk mencicipi aneka kuliner yang disajikan oleh pemilik warung. Selain meja dan kursi biasa tersedia juga kursi ayunan yang terbuat dari rotan.

TERKAIT  Aek Natonang Danau di Atas Danau di Pulau Samosir

Memandang Danau Toba dari kursi ayunan sembari menyeruput air kelapa muda melahirkan kenikmatan tersendiri. Angin yang berhembus di bawah teduhnya pohon pinus dan terkadang mengeluarkan bunyi membuat semakin betah berlama-lama di tempat itu.

desa wisata 5
Puncak Desa Wisata Tarabunga.(foto;asmon)

Puas menikmati wisata rumah pohon, di sebelahnya wahana wisata yang cukup menggoda sudah menanti yakni puncak Tarabunga. Di puncak ini tersedia lokasi parkir kendaraan yang cukup luas. Selain itu beberapa kios kuliner dan sanggar seni akan melengkapi perjalanan wisata anda.

Menuju puncak tarabunga ini sudah dibangun semacam jalur pedestrian atau joging track. Tidak lengkap rasanya jika tidak menapaki anak tangga yang tersedia menuju puncak.

Jalur pedestrian
Jalur pedestrian di Desa Wisata Tarabunga.(foto:asmon)

Tidak perlu khawatir jika saat menaiki anak tangga bro dan sista merasa kepanasan atau lelah, sepanjang jalur tersedia beberapa gazebo untuk melepas lelah atau sekedar menghindar saat tiba-tiba cuaca panas atau hujan.

Di sini bisa berolah raga sambil menikmati panorama Danau Toba. Beberapa spot poto sudah tentu tersedia.

Bermodal merogoh kantong sebesar Rp5.000 di pos penjagaan tadi, kamu bisa sepuasnya menikmati wahana yang tersedia.

Jadi berkunjung ke Desa Wisata Tarabunga akan bikin kamu betah bahkan ketagihan. Masih berpikir dua kali mau kesana? Ayo bro dan sista mumpung lagi hangat.

Desa Wisata Tarabunga hanya beberapa menit perjalanan dari Kota Balige dan tidak sampai 20 KM dari Bandara Silangit.

 

 

Penulis    : Asmon Pardede
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU