spot_img

Desa Sigapiton Menuju Desa Wisata

TOBA – Hampir setiap desa di pinggiran Danau Toba berpanorama indah. Karunia alam itu sangat potensial dikembangkan menjadi desa wisata. Terlebih Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang menggalakan desa-desa di Indonesia sebagai desa wisata. Peluang inilah yang sedang dilirik Desa Sigapiton di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba.

Desa ini sangat indah. Letaknya seolah dikepung perbukitan dan persawahan, menjadikan panorama di sana semakin eksotis. Dan, tentu saja ada pantai yang bersih jernih yang masih asri.

Dengan potensi alam ini, warga desa juga optimistis, desa mereka tidak butuh waktu lama untuk sejajar dengan desa-desa wisata lainnya di kawasan Danau Toba.

“Potensinya baru dilirik beberapa tahun terakhir tepatnya setelah The Kaldera Toba Nomadic Escape dibangun,”sebut Sekretaris Desa Sigapiton, Mula Horas Nadapdap, pekan lalu.

Sebagai desa wisata, Sigapiton didukung dengan karakter warga setempat yang sangat ramah dan terbuka kepada wisatawan. Budaya Batak Toba yang masih kental di sana, juga salah satu potensi yang dapat dijual kepada wisatawan.

Ada banyak kegiatan bisa dilakukan di desa ini. Mendaki bukti, untuk melihat bentang alam Danau Toba lebih luas lagi atau bermain di Pantai Sigapiton yang sangat bersih.

TERKAIT  Air Terjun Batu Manarus Lobu, Firdaus di Tengah Rimba

Selain itu, aktifitas warga sebagai petani bawang merah, sangat menarik untuk dilihat. Tentu saja, membeli bawang merah langsung dari petaninya, lebih seru dibanding beli di pasar.

“Di desa yang popular dengan tanaman bawang merah ini, akan banyak kegiatan wisata seru, mulai dari melihat kehidupan masyarakat, menginap di homestay, seru-seruan di pantai hingga mendaki perbukitan untuk melihat bentang alam Sigapiton,” ujar Muda Nadapdap.

Akses jalan menuju Desa Sigapiton tergolong masih baik. Hanya membutuhkan waktu tempuh sekira 1 jam dari Kota Parapat Simalungun, membuat desa ini semakin berpotensi untuk dijadikan desa wisata.

Di desa ini juga sudah ada dua unit homestay yang siap memanjakan wisata dalam menghabiskan malam di Desa Sigapiton. Jadi tunggu apalagi bro dan sista ninnA, masukkan desa ini dalam bucket list liburanmu di kawasan Danau Toba.

 

Sumber    : Infopublik.com
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU