spot_img

Desa Sigaol Kanvas Lukisan Alam yang Hidup

TOBADesa Sigaol (Sigaol Barat dan Sigaol Timur) merupakan desa yang berada di Semenanjung Uluan dan tentunya berada di tepian Danau Toba. Berkunjung ke desa ini  melalui jalan induk yang membelah kedua desa, pemandangannya sungguh sangat indah, bak lukisan alam yang hidup.

Selain rumah penduduk setempat, lahan pertanian berupa perladangan nan subur dan persawahan akan terlihat di sepanjang jalan. Begitu juga dengan rumah tradisional Batak Toba, beberapa masih utuh dan berdiri kokoh.

Di lokasi tertentu, di tengah persawahan ada bangunan permanen yang ternyata adalah pemakaman. Keberadaan makam yang sebagian bangunannya menyerupai bentul rumah tradisional Batak Toba ini, kerap membuat penasaran bagi siapa saja yang belum pernah berwisata ke kawasan Kaldera Toba.

Pantai di Desa Sigaol ini selain berpasir juga banyak yang ditumbuhi rumput. Tak heran jika di pantai sekitar Sigaol ini bro dan sista juga dapat menikmati panorama pantai dengan kawanan kerbau yang sedang merumput di tepi danau.

Kawanan kerbau ini juga sesekali berenang di danau dan berendam, sehingga kadang yang kelihatan hanya kepalanya saja.

Pemandangan yang cukup langka, sebab kerbau sudah semakin jarang, akibat peran kerbau di Tanah Batak yang biasanya tenaganya digunakan untuk mengolah lahan persawahan sudah digantikan dengan mesin atau hand traktor.

Lukisan Alam 1
Kawanan kerbau masih terpelihara baik di Desa Sigaol.(foto:amson)

Di sebelah kiri, di ujung persawahan, Danau Toba membentang luas berwarna kebiruan. Aktifitas nelayan serta kapal-kapal kecil yang terbuat dari kayu di tengah danau semakin memanjakan mata siapa saja yang memandangnya.

TERKAIT  Dua Air Terjun Lengkapi Keindahan Taman Wisata Iman

Pemandangan di seberang danau tak kalah menarik. Di sana terhampar Laguboti, dengan latar belakang Bukit Barisan hingga Kota Balige yang berada di kaki Dolok Tolong.

Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Toba serta Labersa Toba Hotel yang menjulang tinggi juga terlihat cukup jelas. Demikian juga Hotel Tiara Bunga yang berada di bawah puncak Tarabunga hingga Muara. Pulau Sibandang serta Pulau Samosir juga kelihatan seolah tidak begitu jauh didseberang danau.

Dari Desa Sigaol yang berada di ujung semenanjung Uluan ini, saat cuaca mendukung, Danau Toba ke arah Parapat terlihat seolah semakin menyempit.

Untuk menuju Desa Sigaol, bro dan sista yang datang dari Kota Balige silahkan lanjut menuju Kota Porsea. Nanti tepat di ujung jembatan Porsea akan ada simpang ke arah kiri. Ikuti terus jalan utama, atau kalau ragu boleh bertanya pada warga sekitar yang umumnya ramah.

Dari jembatan ini, Desa Sigaol berjarak 10 KM. Desa Sigaol Barat dan Sigaol Timur ini tepatnya berada di Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU