spot_img

Dermaga Jetty Samosir Kini Beroperasi Kembali

SAMOSIR Presiden Jokowi, Ibu iriana dan sejumlah Menteri pernah menyempatkan diri berkunjung di sini. Mereka meyeruput kopi dan makan pisang goreng khas Samosir sembari menikmati keindahan senja. Pernah dikunjungi orang nomor satu di negara ini tahun 2019, ternyata tidak membuat tempat ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah.

Harapan Jokowi mengembangkan Dermaga Jetty Samosir yang berada di kawasan Pantai Indah Situngkir, Desa Situngkir, Kecamatan Pangururan menjadi salah satu objek Wisata kelas dunia nyaris pupus.

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan yang selalu disampaikan sebagai dalih untuk tidak memberikan perhatian ke tempat ini.

Akhirnya, setelah dilelang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, seorang pengusaha setempat, Roland Sitanggang, memenangkannya. Kini dia menjadi pengelola Dermaga Jetty Samosir itu. Ketertarikannya terhadap tempat itu membuatnya mengikuti prosedur lelang.

“Menarik sih. Tempat ini berada di atas air Danau Toba, trus dari sini kita bisa langsung menatap ke Gunung Pusuk Buhit,” ujar Roland sembari menatap ke arah gunung skral orang Batak itu.

TERKAIT  Senam Pagi dari Sipinsur, Asyik Juga
Dermaga Jetty 2
Dermaga Jetty kini mulai dikunjungi sebagai tempat tongkrongan asyik.(foto:edward)

Saat ditanyai seberapa besar jumlah dana yang telah dia habiskan untuk memperbaharui tempat ini, Roland Sitanggang terkesan enggan memberitahu.

“Yang jelas cukup besarlah modalnya,” ucap pria kelahiran 1976 ini. Dari percakapan singkat kami, dia berharap dipercaya lebih lama lagi untuk mengelola tempat itu.

“Karena gak dirawatnya selama ini. Dalam bayanganku saat ini, akan ada trip wisata keliling Danau Toba, lalu mereka singgah untuk menikmati makan dan minum di sini,” jelas Roland.

Bagi bro dan sista yang penasaran dengan Dermaga Jetty, tempat itu sangat cocok untuk menikmati kopi,  merasakan hembusan angin sepoi-sepoi diiringi debur ombak danau terhempas di pantai. Biasanya, pengelola tempat itu menemani penikmat kopi dengan alunan musik jazz, menambah suasan semakin berkelas.

 

Penulis  : Edward Limbong
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU