spot_img

WISATA ADVENTURE

Delleng Semen Tawarkan Sunset dan Sunrise Terindah

PAKPAK BHARAT – Jika mencari lokasi adventure gunung di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara, mungkin objeknya langsung tertuju ke Delleng Simpon. Delleng Simpon berada di Desa Ulumerah Kecamatan Sitellutali Urang Julu, ataupun tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Delleng Simpon ini memang sudah cukup hits hingga keluar daerah. Terbukti dengan banyaknya para pendaki dari luar untuk wisata adventure ke gunung ini.

Namun selain Delleng Simpon, ternyata di Pakpak Bharat juga masih ada tempat lain untuk wisata adventure gunung, yakni di Delleng Semen yang berada di Sinderung Desa Aornakan I, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut.

Pesona Delleng Semen ini juga tidak kalah menarik dari Delleng Simpon. Untuk ketinggian Delleng Semen ini juga diperkirakan kurang lebih mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut.

Panorama dari puncak Delleng Semen ini memiliki kelebihan dari panorama dari Delleng Simpon. Sunrise atau Sunset dari puncak ini jauh lebih indah kelihatan.

“Untuk panorama Sunrise atau Sunset atau matahari lebih mantap dan jelas dari puncak Delleng Semen ini,” kata Dani Banurea pendaki lokal dari Kota Salak yang pernah ke puncak Delleng Semen.

Panorama hamparan alam pegunungan dari sini juga sangat indah menakjubkan. Puncak ini juga dikelilingi hamparan pegunungan yang masih asri.

Delleng Semen 1
Seorang pendaki mengabadikan momen di puncak Delleng Semen.(foto:ist)

Pengalaman pendaki lain, seperti diceritakan Lew Linis kepada ninnA, sepanjang jalur pendakian ke puncak Delleng Semen, banyak dijumpai tumbuhan kantong semar berbagai jenis dan warna.

TERKAIT  Losung Aek, Kolam Renang Keren di Tengah Perladangan

Bagi pendaki yang beruntung, kata Lew Linis, sumur kecil di puncak Delleng Semen akan berisi, airnya aman untuk digunakan para pendaki.

Baru molo beruntung nasib bang, merisi lot isi sumur kedek-kedek bekkas muat lae. (Baru kalau beruntung bang berisi di sana (Puncak Delleng Semen) sumur kecil tempat mengambil air),” kata Lew Linis.

Jika tertarik beradventure ke puncak Delleng Semen ini, bro dan sista harus dalam kondisi tubuh yang prima, karena pendakian ke puncak Delleng Semen memakan waktu 3 sampai 4 jam perjalanan.

Jarak kaki gunung Delleng Semen dari Kota Salak kurang lebih sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan kurang lebih sekitar satu setengah jam sampai di lokasi, dengan kendaraan bermotor.

Disarankan kepada para pendaki agar melengkapi segala kebutuhan mulai dari makanan dan minuman dan tentunya perlengkapan untuk pendakian.

Bagi pendaki yang membawa kendaraan roda dua, bisa dititipkan di pemukiman warga di Senderung Desa Aornakan 1. Dari sini masih butuh sekitar 15 menit berjalan agar sampai di kaki Gunung Delleng Semen. Untuk harga penitipan kendaraan tergantung kesepakatan dengan pemilik rumah.

 

Penulis    : Lastro
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU