David Vencl Catat Rekor Menyelam Kedalaman Lebih dari 50 Meter di Danau Beku Swiss

BERSPONSOR

NINNA.ID-David Vencl catat rekor menyelam kedalaman lebih dari 50 meter di Danau Sils, danau beku di Swiss. Ia menyelam tanpa pakaian selam.

Pria berusia 40 tahun yang berasal dari Ceko ini terjun vertikal ke 52,1 meter dalam satu tarikan napas. Pencapaiannya tersebut merupakan tahapan terbaik menambah kesuksesannya dicatat dalam buku Guinness Book of Record untuk berenang di sepanjang Danau beku Ceko pada 2021.

DAVID VENCL
Penyelam bebas Ceko David Vencl bersiap untuk upayanya menyelam 50 meter di bawah es Danau Sils dalam satu tarikan napas dan hanya mengenakan pakaian renang, di Sils dekat St. Moritz, Swiss 14 Maret 2023. REUTERS/Denis Balibouse

Vencl menyelam melalui lubang di es lalu mengambil stiker dari kedalaman 50 meter untuk membuktikan prestasinya sebelum muncul kembali melalui lubang yang sama.

Dia meludahkan darah, duduk sebentar dan kemudian membuka sebotol sampanye. Setelahnya, ia berkunjung ke rumah sakit guna memastikan tidak ada masalah kesehatan serius yang ia rasakan.

BERSPONSOR
TERKAIT  Richard Eliezer Tetap Anggota Polri, Dihukum Demosi Usai Eksekusi Brigadir J

Ia terjun di Danau Sils Swiss pada suhu antara 1 dan 4 derajat Celcius membutuhkan waktu 1 menit 54 detik, kata promotornya Pavel Kalous, yang sedikit lebih lambat dari yang diperkirakan.

“Dia agak menikmatinya tapi dia mengakui dia sedikit lebih gugup dari biasanya dan dia memiliki masalah pernapasan,” katanya kepada Reuters.

“Tidak ada yang sulit baginya untuk berada di air dingin… Kekurangan oksigen adalah sesuatu yang normal baginya. Tapi ini sama sekali berbeda karena sangat sulit bekerja dengan tekanan di telinga Anda di air dingin,” tambahnya.

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU