spot_img

Danau Aek Natonang Kini Semakin Memesona

SAMOSIR – Aek Natonang yang merupakan sebuah telaga atau danau kecil di punggung Pulau Samosir itu, kini semakin memesona, menarik untuk kembali dikunjungi. Betapa tidak. Akses menuju ke destinasi tersebut juga sudah terbilang mulus.

Dari pelabuhan Tomok menuju lokasi merupakan jalan lingkar Samosir dengan status jalan nasional yang cukup lebar dan mulus walau memang di beberapa titik tertentu terdapat area rawan longsor yang menuntut kehati-hatian dalam berkendara.

Tak berapa jauh setelah simpang Ronggur Nihuta akan ada persimpangan jalan dengan penunjuk bertuliskan Danau Aek Natonang. Memasuki persimpangan dengan jalan beraspal, hanya sekitar 200 meter kembali ada simpang dengan jalan rabat beton yang cukup luas menuju gerbang masuk destinasi Danau Aek Natonang. Tak begitu jauh terlihat lahan parkir tepat di sebelah gerbang masuk. Area parkir cukup untuk memuat kendaraan roda dua hingga bus berbadan besar.

Aek Natonang 2
Bundaran Aek Natonang.(foto:asmon)

Saat ninnA berkunjung tidak ada kutipan biaya parkir. Namun di pintu masuk, petugas mengutip tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk satu orang pengunjung.

Terdapat tulisan ”Welcome to Aek Natonang – Kebun Raya Samosir & Arboretum.”

Begitu memasuki pintu gerbang di sebelah kiri terlihat bangunan bergaya Belanda yang menggoda traveler untuk berselfie ria. Selain kantor pengelola, destinasi ini juga sudah dilengkapi dengan rumah doa, photo spot, kios cenderamata hingga toilet.

TERKAIT  Mengintip Kelebihan Desa Wisata Huta Tinggi Samosir

Melanjutkan perjalanan menelusuri sisi danau terdapat beberapa gazebo untuk beristirahat. Bagi pengunjung yang memasuki gazebo ini diimbau untuk tidak memakai alas kaki. Traveler juga diimbau untuk tidak berenang di danau apalagi sampai membuang sampah sembarangan. Terlihat petugas kebersihan mengumpul dan membawa sampah dengan kendaraan roda dua, sehingga sekitar lokasi terlihat bebas sampah.

Aek Natonang 1
Gazebo Aek Natonang.(foto:asmon)

Menurut informasi dari petugas di lokasi, bagi traveler yang hobi memancing boleh menyalurkan hobinya di danau ini. Di dalam danau terdapat ikan mujahir, ikan mas juga ikan gabus. Menyenangkan bukan.

Di sisi yang berlawanan, tepian danau ini merupakan hamparan rerumputan yang tak kalah menarik untuk ditelusuri. Area ini sangat cocok untuk poto prewedding. Entah kebetulan atau tidak, di area ini tidak ditemukan lagi jejak hewan ternak. Di tepi danau juga terlihat dipasangi pagar.

Danau Aek Natonang beralamat di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Hanya butuh perjalanan 30 menit dari Tomok.

 

Penulis  : Asmon Pardede
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU