spot_img

Creative Hub Samosir, Showcase Produk UMKM

SAMOSIR – Berbagai cara dilakukan masyarakat pegiat UMKM agar produksinya bisa maju dan terkenal baik. Bukan hanya soal rasa memperkuat mutu, inovasi kemasan yang menarik agar lebih indah juga diperlukan. Di Creative Hub Samosir,  banyak produk UMKM dikemas dengan wadah kekinian, menjadi semakin menarik.

Creative Hub Samosir berlokasi di Pantai Situngkir Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Pantai ini berada sekitar dua puluh menit dari Ibu Kota Kabupaten Samosir, Pangururan. Pembangunan gedung Creative Hub Samosir yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata, (22/03/2022) ini, menelan anggaran pusat sebesar Rp3.1 miliar dengan luas tanah 1000 m² dengan luas bangunan 460 meter.

Fisik bangunan Creative Hub Samosir ini dirancang khusus, menyerupai bentuk atap Rumah Bolon, dan tak lupa ada ornamen Gorga Batak. Sedangkan dinding gedung tak berlapis semen, sehingga tampak lebih natural dengan penampakan batu bata bersusun.

Di lantai satu gedung Creative Hub Samosir, diperuntukkan bagi UMKM. Di sini ada pengolahan Coffee dan Cafe serta penjualan hasil-hasil produk UMKM penduduk sekitar Situngkir dan dari seluruh pelosok Kabupaten samosir.

Untuk lantai dua sebagai ruang serba guna. Bisa digunakan untuk tempat  pelatihan dan pameran dalam rangka meningkatkan ekonomi Kabupaten Samosir.

TERKAIT  Olahraga Bola Basket, Aktivitas Baru di Puncak Sindeka

PT.Widy Holidays dari Medan dipimpin H Amsyal selaku Owner mendapat kesempatan berkunjung ke Creative Hub Samosir, (28/04/2022), diterima Tetty Naibaho Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir. Melalui Tetty inilah, penjelasan tentang Creative Hub Samosir itu diperoleh.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , kata Tetty, turut memberikan sokongan melalui mekanisme bantuan pemerintah berupa fasilitas peralatan pengolahan kopi, sarana teknologi, dan audio visual system.

“Ini salah satu upaya membangkitkan laju ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir,” jelas Tetty kepada kepada Widy Holidays.

 

Citizen Jurnalis : Afni (Widy Holidays)
Editor  : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU