spot_img

Coffeeshop BUMDes, Tongkrongan Asyik di Desa Wisata Tipang

HUMBAHAS – Desa Wisata Tipang kembali menawarkan kejutan baru. Coffeeshop BUMDesa Tipang, alternatif baru untuk nongkrong asyik bagi wisatawan. Meningkatnya kunjungan wisatawan dari berbagai segmen berbeda seperti petualang, pecinta alam, pecinta kuliner, pecinta budaya dan sejarah di Desa Tipang, menjadi alasan  kenapa BUMDesa Tipang menghadirkan Coffeeshop ini.

Saat ini BUMDesa Tipang menjalankan dua unit usaha, yaitu Pengelolaan Air Bersih dan Pariwisata. Coffeeshop ini merupakan salah satu usaha dalam bidang Pariwisata.

Kepala Desa Tipang periode 2022-2027, Juanda Sihombing mengatakan, pengoperasian Coffeeshop ini sejalan dengan visi Kepala Desa Tipang, yaitu Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam Desa Tipang.

“Baik Pengurus maupun Pengelola BUMDesa Tipang, semuanya merupakan Anak Kampung Sini (AKAMSI),” ujarnya.

Ketua BUMDesa Tipang, Mangiring Manalu kepada ninnA mengatakan, Coffeeshop itu ditargetkan menjadi pusat belanja kuliner dan suvenir di Desa Tipang.

Adapun produk kuliner atau oleh-oleh yang sudah tersedia di Coffeeshop ini adalah beras merah Tipang dalam kemasan. Sedangkan suvenir yang tersedia berupa stola (syal motif tradisional Batak).

Besar harapan, Coffeeshop ini akan menjawab kebutuhan wisatawan Desa Wisata Tipang terkait kuliner dan suvenir unik dari Desa Tipang.

Ada beberapa keistimewaan Coffeeshop ini dibanding usaha sejenis lainnya di Desa Tipang. Pertama, bahan-bahan baku untuk menu yang tersedia mengutamakan produk-produk pertanian masyarakat sekitar. Menu unggulan berupa nasi merah Tipang, olahan ikan nila Tipang, dan bumbu yang identik dengan andaliman.

Kedua, lokasinya berada di salah satu destinasi wisata andalan Desa Tipang yang selalu ramai dikunjungi wisatawan pada Sabtu – Minggu dan hari-hari libur, yaitu Gonting. Penempatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan akan adanya fasilitas yang nyaman dan bersih untuk menikmati waktu santai serta ramah di kantong.

TERKAIT  Pantai Bulbul Balige, Beragam Aktivitas di Darat dan Air

Ketiga, lokasi Coffeeshop ini berdekatan dengan shelter pendakian ke Bukit Batu Maranak, spot lainnya yang ramai dikunjungi wisatawan di Desa Tipang. Hal ini akan menguntungkan bagi setiap pendaki yang menuju Bukit Batu Maranak, baik untuk belanja makanan maupun menitipkan kendaraan.

Keempat, view mahal lembah Tipang yang menghadap ke Danau Toba, serupa dengan Toba Caldera Resort (TCR) yang ada di Sibisa. Aksesbilitas ke tempat ini sangat mendukung, jika wisatawan ingin menyusuri lembah Tipang mulai dari Coffeeshop ini hingga ke pinggir Danau Toba.

Sesuai namanya, Coffeeshop ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Tipang dan dikelola dengan prinsip pemberdayaan SDM lokal. Meskipun dikelola oleh SDM lokal, para staf dan karyawan BUMDes Tipang secara berkala mengikuti pembekalan di bidang masing-masing untuk menjamin profesionalisme kerja dan pelayanan prima terhadap wisatawan.

Coffeeshop ini buka setiap hari Sabtu – Minggu serta hari-hari libur, mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Jika bro dan sista sedang merencanakan liburan pribadi atau bersama orang-orang tersayang, maka Desa Tipang wajib masuk dalam daftar tempat-tempat luar biasa yang harus bro dan sista kunjungi.

Satu hal yang perlu kami ingatkan, siapkan diri bro dan sista untuk terpukau dengan semua kemewahan yang ditawarkan oleh desa ini. Untuk sampai ke Desa Tipang, bro dan sista hanya perlu 45 menit meluncur dari Bandara Silangit, atau 30 menit dari Dolok Sanggul.

 

Penulis  : Gomgom Lumbantoruan
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU