spot_img

Coffee Toba Habinsaran, Tempat Ngopi Asyik Ditemani Live Musik

SAMOSIR – Berawal dari sebuah pesan WhatsApp yang kuterima dari Toni, seorang sahabat lama saat duduk di bangku SMA. Lama tak bertemu. Tanpa basa-basi dia memberitahuku sedang pulang kampung (Pangururan), dan mengajak untuk bertemu sembari ngopi. Tanpa berpikir panjang, aku langsung menawarkan satu tempat ngopi yang cukup nyaman di sekitar Jalan Putri Lopian, tak jauh dari pusat Kota Pangururan.

Diberi nama Coffee Toba Habinsaran, oleh pemiliknya Ruba Silaen. Menurutnya, nama tersebut dibuat karena marga Silaen berawal dari daerah Toba. Tempat ini tak hanya menyajikan ragam jenis kopi, tapi ada juga aneka jus dan makanan yang khas batak Toba, seperti naniura dan naniarsik, serta olahan ayam andaliman. Sesuai namanya, berada di coffee shop ini, kental dengan nuansa Batak Toba.

Lebih dari 30 menit menunggu  akhirnya sahabatku Toni pun datang. Tak banyak yang berubah darinya, tawa lepasnya yang khas sedari dulu, kerap memecah suasana dan menjadi perhatian penikmat kopi yang lain.

Menyeruput secangkir kopi dari Coffee Toba Habinsaran, kami dapat menikmati  pemandangan Pusuk Buhit, Holbung dan Sijukjuk. Dengan panorama itu, penikmat kopi di tempat ini mungkin butuh lebih secangkir kopi.

Keindahan alam Danau Toba itu, semakin lengkap dengan aktivitas nelayan di sore hari dan juga dan para pelestari kebiasaan nenek moyang yang masih memilih mandi dan mencuci di tepi danau, walau sarana air bersih sudah lama tersedia di Kota Pangururan.

TERKAIT  Geo Coffee Akamsi Tawarkan Kuliner Khas Diiringi Musik Batak
Coffee Toba habinsaran 1
Coffee Toba Habinsaran menggunakan kopi asli asal Samosir.(foto:edward)

Buat bro dan sista ninnA yang berada atau tiba di Kota Pangururan, tempat ini sangat cocok untuk hang out bersama teman, keluarga, bahkan pasangan. Desain tempatnya sederhana, tapi punya nilai lebih karena tepat berada di tepi danau.

Cukup lama kami bercerita mengenang masa lalu sambil menikmati kopi, hingga tak terasa hari sudah gelap. Namun niat kami pulang terhenti karena Coffee Toba Habinsaran, menyediakan live music di setiap akhir pekan untuk menghibur para pengunjung. Dan tentu saja hal ini kami manfaatkan untuk menyumbangkan beberapa lagu. Coffee Toba Habinsaran bukan warkop berlabel coffee shop, tapi benar-benar tempat nongkrong yang asyik di tepian Danau Toba, Kota Pangururan.

 

Penulis  : Edward Limbong
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU