spot_img

Bukit Singgolom, Tempat Melepas Penat yang Sudah Terkabar di Belanda

NINNA.ID – TOBA

Bentangan Danau Toba akan terlihat jelas dari bukit yang berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba ini. Tempat ini dikenal dengan nama pemandangan Singgolom. Bukit yang menawarkan sisi luasnya bentangan Danau Toba ini persis menghadap ke kawasan Silalahi, Dairi.

Saat hari cerah, mata para pengunjung akan dimanjakan oleh pandangan luas ke Danau Toba. Diterpa angin sepoi-sepoi saat duduk atau berdiri di atas bukit ini, seluruh penat seakan terlepas.

Hamparan di bukit ini dipenuhi dengan rumput manis sehingga cocok dijadikan tempat duduk. Hijau rumput dengan warna Danau Toba, menjadi paduan yang serasi..Di sini banyak juga pengunjung yang berleyeh-leyeh di atas tikarnya.

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pengunjung di sini, berlomba mencari spot foto terbaik dan tentu saja Danau Toba sebagai background foto. Berbagai ekspresi para sejoli yang sedang kasmaran mengabadikan momen atau bergandengan memandang ke danau juga kerap menghiasi tempat itu. Di saat tertentu pengunjung bisa menyaksikan aksi paralayang dari bukit Singgolom ini.

Untuk sampai ke Bukit Singgolom ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari Kota Balige. Perjalanan menuju Bukit Singgolom dari Kota Balige juga menjadi sebuah perjalanan yang mengasyikkan.

Dari Balige, pengunjung bisa melalui kawasan Lumban Silintong. Sepanjang perjalanan, para pengunjung akan melihat Danau Toba yang berada di sebelah kanan.

TERKAIT  Jokowi Point, Lokasi Foto Instagramable di The Kaldera

Melalui Lumban Silintong ini kondisi jalan akan menanjak dan penuh liku. Ini juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi penikmat petualangan. Walau tanjakan, jalannya relatif mulus mempermudah mobil atau sepeda motor. Tidak jarang juga bagi pencinta motorcross melintasi jalur tersebut.

Setelah melintasi kawasan Lumban Silintong, saatnya pengunjung melihat hamparan sawah di Desa Tarabunga. Di sini, para pengunjung biasa menjadikannya sebagai spot foto. Bagi yang belum pernah berjalan di atas sengkedan sawah, boleh berhenti sebentar di sini untuk mencobanya..

Bukit Singgolom
Dari bukit Singgolom ini, bentangan Danau Toba sampai ke Dairi terlihat luas.(Foto/ist)

Masih di kawasan Tarabunga, pengunjung juga bisa menemukan mata air di pinggir jalan. Menurut masyarakat sekitar, air tersebut merupakan sumber air mereka manakala sedang beraktivitas di sawah. Air tersebut bisa langsung diminum tanpa harus dimasak.

Dari kawasan persawahan Desa Tarabunga, Bukit Singgolom hanya berjarak 800 meter. Setelah kira-kira setengah jam perjalanan dari Kota Balige, bukit Singgolom pun terlihat. Tak usah ragu areal parkir, sudah disediakan dan dijaga baik oleh pemuda setempat.

Selain para pengunjung dari luar Sumatera, ternyata Raja dan Ratu Belanda juga sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Setidaknya, sejumlah foto Raja dan Ratu Belanda menjadi pertanda bahwa mereka telah pernah mengunjungi lokasi tersebut.

Penulis : Stiruam
Editor : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU