spot_img

Bukit Sibeabea Menghentak Danau Toba Berkat Media Sosial

SAMOSIR – Pariwisata Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir dengan tagline “Samosir Negeri Indah Kepingan Surga” kembali menghentak. Ledakan kunjungan wisatawan ke Samosir sampai menjadi sorotan televisi nasional karena arus kunjungan wisatawan yang begitu tinggi. Penyebabnya, Bukit Sibebea  yang jauh hari sudah viral di dunia maya.

Keindahan destinasi wisata pemandangan di perbukitan dengan pembangunan patung Tuhan Yesus ini, memang telah menjadi buah bibir. Walau yang tersedia masih replika patung dengan ketinggian 3 meter, tempat ini masih akan menghadirkan kejutan, karena pembangunan patung seutuhnya direncanakan setinggi  61 meter. Patung Yesus tertinggi di dunia di Desa Turpuk Sihotang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Melewati masa pandemi Covid-19, keinginan wisatawan berkunjung dan berwisata, menjadi faktor semakin ramainya yang berkunjung ke Danau Toba khususnya Bukit Sibeabea. Melihat tingginya tingkat kunjungan selama musim liburan tahun baru di Sibeabea, pasti ada faktor di balik kesuksesan itu.

Semua bermula viral dari dunia maya. Salah satu postingan anak muda asal Samosir @frederickjoo_simbolon di Instagram tanggal 23 Januari 2021, menampilkan foto tampak langit dengan drone ketinggian sekitar 70 meter, menampilkan sisi kelokan Sibeabea yang mengagumkan.

 

Bukit Sibeabea
Inilah salah satu foto pertama Bukit Sibeabea yang muncuk di medai sosial.(foto:ist)

Sejak itu foto-fotonya beredar luas hingga foto-foto dengan drone dengan sisi lainnya ikut meluas. Luarbiasa. Kekuatan dunia maya menjadikan Sibeabea sangat viral, hampir ke seluruh pelosok tanah air terhentak dengan destinasi wisata baru di kawasan Danau Toba itu.

Memasuki minggu kedua di Januari 2022, dari pantauan ninnA, kunjungan ke tempat ini belum juga menunjukkan penurunan berarti. Hingga  tanggal 11 Januari 2022, Sibeabea tetap dipadati pengunjung.

TERKAIT  Pantai Raya Tigaras, Digemari karena Landai dan Bersih

Pada masa liburan tahun baru kemarin, Polres Samosir didukung petugas dari Pemerintah Kabupaten Samosir, harus berjuang keras untuk mengatur alur perjalanan kendaraan wisatawan yang membludak.

bukit sibeabea
Banyaknya postingan Bukit Sebeabea di media sosial membuat destinasi ini viral.(foto:ist)

Viral, membuat Sibeabea bak mutiara yang lama hilang ditemukan kembali. Sekarang, saat berwisata ke Danau Toba, semua orang ingin sampai ke Sibeabea. Saat ini Danau Toba adalah Sibeabea. Belum resmi rasanya berwisata ke danau ini, jika belum sampai ke Sibeabea. Postingan dengan tagar Sibeabea di dunia maya  luar biasa banyaknya.

Walau belum selesai, dan sebagai destinasi paduan antara alam dan buatan, Sibeabea telah menjadi primadona baru di kawasan Danau Toba. Bukan lagi sekadar yang baru dari Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.

Berwisata ke Bukit Sibeabea juga seolah mendapat bonus wisata ke beberapa destinasi wisata menarik lainnya. Dari sini, Air Terjun Efrata di Desa Wisata Sosordolok di Kecamatan Harian yang juga sempat viral, tidak terlalu jauh. Bahkan seolah menjadi satu paket wisata.

Pagi menikmati alam dari Sibeabea dan Air Terjun Efrata, sorenya berenang di pantai berpasir putih dengan banyak pilihan, khususnya di Kecamatan Pangururan dan Simanindo Samosir. Salah satunya, Batuhoda Beach di Simanindo, dapat dijadikan pilihan terbaik saat ini.

 

Penulis  : Febe
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU