spot_img

Bukit Sibea-bea, Kejutan Baru dari Danau Toba

NINNA.ID – Traveling ke destinasi wisata ini pekan lalu, 5 November 2021. Walau ketika itu hujan sempat mengguyur, kawasan Bukit Sibe-bea Kabupaten Samosir tetap ramai, tak menyurutkan antusiasme traveler. Namun sayang, mendung tebal tak mau beranjak pergi, dan sunset pun diam-diam menghilang.

Panorama alam yang menawan, semakin sempurna dengan ide membangun Patung Yesus Kristus di sana. Paduan itu menjadikan tempat itu sangat baik bagi wisata religi dan wisata alam bagi wisatawan umum.

Dibandingkan beberapa Patung Yesus di berbagai belahan dunia, Sibea-bea jelas tidak kalah menarik. Jika Patung Christ the Redeemer, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru, dibangun di atas Bukit Corcovado menghadap kota Rio de Janeiro. Maka Patung Yesus Kristus yang didirikan di atas Bukit Sibea-bea menghadap Danau Toba yang permai.

Christ the Redeemer (Kristus Sang Penebus) memiliki tinggi 30 meter. Bagaimana dengan Patung Yesus Kristus di Sibea-bea?

Patung Yesus di Danau Toba ini akan menjulang setinggi 61 meter. Patung di Sibea-bea juga masih lebih tinggi dibandingkan Patung Yesus Memberkati Toraja (45 meter) maupun Patung Yesus Memberkati Manado (30 meter).

Bukit Corcovado sendiri berada di atas ketinggian 700 meter dpl (di atas permukaan laut). Sedangkan Patung Yesus Kristus di Bukit Sibea-bea berada di atas ketinggian 1,021 meter dpl. Suatu lokasi yang sangat strategis nan elok!

TERKAIT  Mengintip Kelebihan Desa Wisata Huta Tinggi Samosir

Apalagi jalan menuju ke puncak bukit begitu menarik. Berkelok indah mengitari bukit Sibea-bea. Demikian pula jalan yang dibangun menurun ke tepi danau. Kelok Lapan Sibea-bea, begitu sebutannya, bahkan pernah viral di jagat medsos.

Kehadiran Bukit Sibea-bea di Danau Toba tak pelak lagi membuat Danau Toba kian menggoda. Pilihan destinasi wisata pun makin beragam. Danau Toba tidak lagi soal Tongging, Sipiso-piso, Parapat, dan sekitarnya. Namun, kini Toba memiliki begitu banyak aset wisata lain di bagian lain dari danau vulkanik terbesar di dunia ini.

Jadi sudah siap berlibur? Pastikan Anda menempatkan Danau Toba dalam daftar destinasi wisata impianmu. Bahkan bagi yang sudah pernah ke danau ini sekalipun. Danau Toba masih memiliki banyak jurus simpanan yang bisa saja mengejutkanmu. Semacam ‘hidden paradise’ yang baru mencuat ke permukaan saat ini.

Dan kali ini saya sepenuhnya setuju dengan imbauan Sandiaga Uno, Menparekraf Indonesia yang rajin mengelilingi berbagai destinasi wisata di tanah air. Kalau mau berlibur, di Indonesia saja. Persisnya, ke Danau Toba saja!

 

Sumber    : Kompasiana.com
Editor        : Mahadi Sitanggang

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Wisata Religi di Bukit Sibea-bea”, https://www.kompasiana.com/tonnysy/618a5b4e06310e49955d6ca2/bukit-sibea-bea-bakal-menghadirkan-patung-yesus-tertinggi-di-dunia?page=2&page_images=1

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU