spot_img

Bukit Siattaratas Dairi, Idaman Para Pendaki

DAIRI – Bro dan sista ninnA, berbicara Danau Toba memang tidak akan ada habisnya. Setiap sisi yang mengitarinya memiliki daya tarik yang sungguh sempurna. Setiap sisinya memiliki aura kemolekan tersendiri.

Kali ini ninnA melalak ke Desa Silalahi 3 bagian dari Geosite Silalahisabungan di Kabupaten Dairi. Sejarah geologi mengatakan tempat ini – sampai ke Haranggaol – diketahui sebagai salah satu titik letusan Gunung Toba ratusan ribu tahun yang lalu (dua titik lagi di Porsea dan Pulau Sibandang).

Desa Silalahi 3 di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara ini digadang-gadang menjadi destinasi wisata kelas dunia di kawasan Danau Toba.

Bukit Siattaratas
Para pendaki menuruni Bukit Siattaratas dengan panorama Danau Toba yang indah.(foto:ist)

Di sinilah terletak Bukit Siattaratas, yang menjadi idaman para pendaki.

Tempat ini kerap dijadikan sebagai spot camping karena kontur tanahnya baik dan keindahan alamnya tidak kalah luar biasa dari sisi-sisi lain yang mengitari Danau Toba.

Bukit Siattaratas
Camping di Bukit Siattaratas.(foto:josua)

Bukit Siattaratas ini dapat dijangkau sekira 30 menit dari Kota Merek, atau sekira 25 menit dari Tongging, Sipisopiso, dan hanya berjarak 300 meter dari lokasi Tugu Raja Silalahisabungan

Sesampainya di Bukit Siattaratas, sebaiknya bro dan sista selalu berhati-hati saat menjelajahnya. Kemiringan bukit ini termasuk curam, tapi kondisi itu juga yang menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pendaki.

TERKAIT  Benalu Kopi Memiliki Beragam Khasiat Untuk Kesehatan
Bukit Siattaratas
Bersantai di atas Hammock.(foto:josua)

Sembari eksplorasi bukit yang memacu adrenalin, dari sini bro dan sista juga bisa melihat indahnya matahari terbit dan terbenam. Spot Sunrise maupun Sunset dari sini tidak kalah indah dibanding spot Sunset dan Sunrise di beberapa lokasi di sekitar Danau Toba.

Pendakian yang melelahkan akan terbayarkan dengan panorama bentangan bukit yang instagramable. Saking indahnya, walau sampai ke sini butuh stamina yang fit, Bukit Sataratas sering dijadikan spot foto prewedding. Tapi tak usah khawatir bagi yang tidak tahan mendaki. Pengelola tempat, Aman Juanda Situngkir dan rekannya yang juga AKAMSI (anak kampung sini) telah menyediakan jalur yang aman bagi sepeda motor untuk sampai di Bukit Siattaratas.

Para pendaki
Keceriaan para pendaki.(foto:josua)

Untuk masuk Bukit Siattaratas dengan sepeda motor cukup membayar Rp15.000 untuk akhir pekan dan Rp10.000 saja untuk hari biasa. Dengan biaya yang cukup terjangkau ini, bro dan sista bisa menikmati keindahan Danau Toba dan terjalnya tanah di bukit ini.

Yuk ke Bukit Siattaratas di tepian Danau Toba. Nikmati indahnya kepingan surga di tanah Batak yang tak pernah membosankan.

Penulis     : Ananda Josua Siburian
Editor        : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU