spot_img

Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang, Sedamai Kartun Teletubbies

NINNA.ID – SAMOSIR

Siapa yang tidak takjub dengan pesona Danau Toba. Kita bisa melihat keindahannya dari berbagai sisi di tujuh kabupaten kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Pesona danau terbesar di Asia ini, juga dapat dilihat dari Bukit Indah Sitalmak-talmak Sihotang (BISS), yang berada di Desa Dolok Raja Sihotang Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Objek wisata BISS atau yang sering disebut Bukit Sitalmak dikenal juga dengan nama “Bukit Damai”. Setiap wisatawan yang berkunjung ke sini, merasa ada kedamaian saat berada di BISS.

Dari tempat ini, wisatawan dapat memuaskan diri dengan memanjakan mata menikmati keindahan pegunungan Bukit Sitalmak di Desa Dolok Raja Sihotang. Tempatnya sangat indah dan memberikan sensasi yang sangat berbeda dengan aktivitas sehari hari.

Jika anda berada di Kabupaten Samosir, sangat disayangkan tidak mengunjungi tempat wisata Bukit Sitalmak yang mempunyai keindahan tiada duanya tersebut.

Seorang wisatawan asal Medan, Syahriza yang ditemui NINNA baru-baru ini di sana, memberikan pujian atas keindahan yang dilihat dari Bukti Sitalmak.

Dia menikmati terpaan angin dan udara yang segar, sampai memejamkan mata. Berdecak saat memandang gunung dan bukit-bukit yang megah beridiri atas Danau Toba yang biru. Begitu juga dengan Pulau Samosir. Diamininya, memandang semua itu seakan beban pikiran plong.

Bukit Indah
Menikmati keindahan Danau Toba dari Bukit Sitalmak.(Foto/Sartono)

“Langit pun terlihat seperti lukisan abstrak yang sangat indah. Ada Kedamaian di sini, sampai kata-kata tidak dapat mewakili keindahannya, luar biasa bang,” tutur Syahriza.

TERKAIT  Kalsim Waterpark, Wisata Wahana Air di Sidikalang

Bukan hanya wisatawan dari luar, warga setempat juga selalu terkesima dengan keindahan Bukit Sitalmak. Keindahannya, bahkan disejajarkan dengan film kartun asal Inggris, Teletubbies.

“Kami pun terkesima ketika melihat sekeliling Bukit Sitalmak ini dan luar biasa. Seperti suasana di film kartun anak-anak Teletubbies yang berumput dan berbukit hijau. Bukit Sitalmak-talmak juga cocok untuk para pengunjung melakukan kegiatan kamping karena ada permukaan yang datar dan tidak bergelombang. Saya bangga sebagai putri daerah ini,” ucapnya.

Kedamian yang ditawarkan Bukit Indah Sitalmak-talmak tidak sedamai hati pengelolanya, Masjudin Sihotang. Dia mengeluhkan adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ketatnya pemberlakukan PPKM, membuat para pengelola objek wisata dilarang beroperasi.

“Memang sejak perpanjangan PPKM di Kabupaten Samosir, semua objek wisata ditutup, tidak ada lagi pemasukan kami. Jangankan untuk merawat fasilitas kawasan wisata, untuk kebutuhan sehari hari saja kami sudah mulai pusing,” keluh Masjudin kepada NINNA.

Untuk menuju Bukti Sitalmak dapat ditempuh dari dua rute. Pertama, dari Medan melewati Tanah Karo terus ke Tele Kecamatan Harian lalu ke Sihotang. Kedua, jika menyeberang danau dari Tomok menuju Pangururan. Dari Kota Panguruan menuju Pelabuhan Pintu Batu dan menyeberang danau menuju Sihotang.

Penulis : Sartono Sihotang
Editor : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU