spot_img

Bukit Beta, Padang Gembala dengan Panorama Ciamik

SAMOSIR – Dalam bahasa Batak, Beta artinya Ayo. Sesuai namanya, kita seolah diajak untuk ke bukit ini. Bukit ini terletak di Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Dari gerbang utama menuju Tuktuk hanya berjarak sekitar 500 meter di sebelah kiri.

Beridiri di sini, kita akan mendapatkan dua pemandangan alam yang ciamik.

Menghadap ke Danau Toba, pandangan kita bebas lepas dan daratan Pulau Sumatera wilayah Simalungun terlihat di seberang. Sebaliknya di belakang, perbukitan di Pulau Samosir dengan pohon pinus dan hutan alam yang masih terjaga, ikut menyumbang hawa sejuk.

Sudah ada petunjuk arah menuju tempat ini. Jadi, kamu tidak perlu bingung menuju lokasi ini. Seandainya ragu, kamu bisa bertanya ke salah satu warga di sana untuk memastikan lokasi Bukit Beta. Akses menuju ke sini tidak sulit. Namun, kamu tidak dapat langsung menuju ke puncak menggunakan kendaraan. Kamu perlu memarkirkan kendaraanmu di salah satu warung di pinggir jalan lalu mendaki.

Tidak perlu lama, hanya butuh sekitar 5 menit atau lebih sesuai kesehatan tubuhmu. Tidak ada pungutan biaya untuk menikmati tempat.

Bukit yang tidak terlalu tinggi ini sangat menggoda untuk didaki. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan luas ke arah Danau Toba dan juga bisa melihat air terjun layaknya garis putih di kejauhan  dari bukit ini.

Jalan lurus menuju Ambarita juga terlihat dari sini. Di sekitar bukit, kita juga akan menyaksikan hamparan sawah yang membuat suasana hati tenteram. Tidak salah mengatakan tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik di Samosir menikmati Danau Toba.

Khususnya air terjun, ini menarik buat kamu yang suka belajar tentang alam. Kamu bisa mengamati air terjun ini mengalir deras ke bawah dari ketinggian melalui formasi bebatuan dinding perbukitan.

TERKAIT  Salib Kasih, Destinasi Self Healing Ampuh Hilangkan Stress

Itu salah satu yang bisa kamu amati dari bukit ini. Hal lain yang bisa kamu nikmati di sini, hamparan rumput dan kerbau-kerbau yang sedang merumput. Oleh warga sekitar, Bukit Beta sudah lama dijadikan tempat menggembalakan kerbau.

Kalau kamu berlibur ke Samosir, menginap di Tuktuk, bukit ini jadi salah satu destinasi rekomendasi buatmu untuk olahraga pagi atau sore. Kamu bisa menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan di bukit ini.

bukit beta 2
Menikmati alam dari Bukit Beta.(foto: damayanti)

Sebelum Covid-19 melanda, para turis biasanya ramai berjalan kaki di sepanjang Tuktuk Siadong. Salah satu tujuan mereka ke Bukit Beta. Banyak dari mereka menganggumi bukit ini karena suasananya yang tenang dan jauh ingar-bingar kehidupan kota.

Di saat tertentu, bukit ini juga dijadikan tempat bermain layang-layang. Bahkan beberapa kali festival layang-layang pernah di adakan di sini. Terbayang bagaimana serunya bermain layang-layang dengan pandangan bebas ke Danau Toba.

Nah, buat kamu berjiwa petualang dan pemburu foto bentang alam, kamu wajib ke sini untuk mengoleksi banyak foto panorama alam.

Kamu juga bisa juga pasang tenda untuk berkemah di sini. Sebaiknya kamu tidak sendirian. Tapi ramai bersama teman-teman mengingat tidak ada pengelola yang bertanggungjawab untuk memastikan keamanan kamu bermalam di sana.

Kamu perlu mempersiapkan berbagai hal untuk berkemah di sana. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Untuk makanan dan minuman, tersedia banyak warung dan restoran di Tuktuk Siadong dan Tomok. Untuk mandi dan ganti baju kamu bisa ke salah satu pantai di Tuktuk. Selamat merencanakan liburan ya bro dan sista.

 

Penulis    : Damayanti Sinaga
Editor       : Mahadi Sitanggang

 

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU