BPODT Berikan Bantuan kepada Korban Banjir dan Longsor di Desa Simangulampe, Humbahas

BERSPONSOR

Humbahas, NINNA.ID-Kawasan Danau Toba kembali berduka, Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan diterjang banjir dan longsor pada hari Jumat, 1 Desember 2023 sekitar pukul 20.00 WIB.

Malam itu, sebagian warga Desa Simangulampe belum tidur dan mendengar ada suara seperti dentuman keras hingga mereka keluar rumah.

Pahala Manullang salah seorang warga Desa Simangulampe mengaku bahwa pada malam itu dia belum tidur dan mendengar ada seperti dentuman lalu segera keluar rumah.

Lalu ada suara menjerit-jerit,” Banjir….banjir…..!”.

BERSPONSOR

Pahala Manullang langsung membangunkan istri dan anak-anak, segera mengeluarkan mobil dan lari ke rumah mertuanya di Kecamatan Pollung melalui Kecamatan Muara.

Selain Pahala, Ramses Manullang, mantan Kepala Desa Simangulampe bercerita rumahnya habis diterjang banjir dan longsor malam itu.

Syukur mereka tidak lagi menempati rumah itu dan hanya disewakan bila ada orang yang minta menginap.

Rumahnya yang berlantai dua itu kini tidak terlihat sama sekali dan di atas tanah itu terdapat tumpukan batu-batu besar.

BERSPONSOR
Keadaan di Simangulampe setelah diterjang banjir dan longsor
Keadaan di Simangulampe setelah diterjang banjir dan longsor (foto: istimewa)

Diberitakan ada 12 orang yang hilang akibat banjir dan longsor itu, puluhan rumah hancur, sekolah, gereja, bahkan hotel kena dampak.

Hingga pada Senin, 4 Desember 2023 baru dua orang yang ditemukan meninggal dunia.

Ada sebanyak 50 keluarga yang tinggal di posko penampungan, mereka didampingi oleh petugas sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

TERKAIT  Link Nonton Film La La Land Full HD Gratis di Bioskop Trans TV, Catat Jam Tayangnya!
Desa Simangulampe
Suasana di pengungsian di Desa Simangulampe (foto: istimewa)

Banyak pihak yang telah memberikan bantuan kemanusiaan atas terjadinya banjir dan longsor itu, baik pemerintah, swasta, maupun perorangan.

- Advertisement -

Begitu juga Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) tak ketinggalan memberikan bantuan pada hari Senin, 4 Desember 2023.

Bambang Cahyo Murdoko selaku Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik menjelaskan bahwa bantuan dari Badan Pelaksana Otorita Danau Toba berupa beras, gula, minyak goreng, roti, telur, supermie, aqua, sikat gigi, odol, dan sabun.

Bantuan dari BPODT diantar langsung oleh Kepala Divisi Komunikasi Publik, Nelson Lumbantoruan dan diterima oleh Camat Baktiraja beserta staf.

Nelson Lumbantoruan mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan sesuai dengan arahan Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan sebagai wujud kepedulian BPODT atas terjadinya musibah banjir dan longsor di Desa Simangulampe.

“Atas nama Direktur Utama BPODT, Bapak Jimmy Bernando Panjaitan, saya menyampaikan bantuan ini kepada masyarakat yang mengalami musibah banjir dan longsor dan menyampaikan pesan dari Bapak Jimmy Panjaitan bahwa BPODT turut prihatin dan berduka atas musibah ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan dan kesembuhan bagi seluruh warga Desa Simangulampe,” tutupnya.

Press release dari BPODT

BERSPONSOR

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU