spot_img

MALAM APRESIASI

BPNB Aceh Penjaga Seni dan Budaya di Danau Toba

NINNA.ID – Tepat pada tanggal 31 Desember pukul 20.00 WIB, melalui akun YouTube, Channel BPNB Aceh menyajikan tayangan program terakhir dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh (wilayah kerja Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh) Ulos Ekstravaganza “Kehangatan dari Danau Toba”.

Video berdurasi lima puluh empat (54) menit itu menggandeng para designer daerah Sumatera Utara yang berpengalaman dalam hal merancang busana dan konsisten memanfaatkan tenun tradisional ulos dalam karyanya. Beberapa orang di antaranya Manjunjung Hutabarat, Junot Hutabarat dan Serli Napitupulu.

Serunya, Ulos Extravaganza ini juga menghadirkan para model  yang mengenakan busana ulos dengan segala keindahannya. Rangkaian acara ulos extravaganza diisi dengan Talk Show  mengenai ulos yang menghadirkan  budayawan dan partonun.

Sebelumnya, pada 21  Desember 2021 yang lalu, BPNB Aceh memberikan apresiasi kepada orang-orang di Sumatera Utara yang tetap setia menjaga Seni Budaya Sumatera Utara.

Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian program pendukungan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kawasan Danau Toba yang dilaksanakan oleh BPNB Aceh sepanjang tahun 2021 dan dihadiri oleh pemerintah provinsi, daerah, sanggar, komunitas, pegiat budaya, budayawan, akademisi serta para pekerja seni dan budaya yang mendukung Program Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba.

Selama tahun lalu, dengan segala kerja keras yang dimiliki BPNB Aceh di tengah kondisi pandemi, beberapa program tetap dilaksanakan dalam rangka Program DPSP Kawasan Danau Toba.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan itu: Rapat Koordinasi Program DPSP di Kawasan Danau Toba dengan Pemangku Kebijakan di Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah di Kawasan Danau Toba; Workshop Manajemen Pengelolaan Desa Adat di Kawasan Danau Toba; Workshop Manajemen Pengelolaan Sanggar Seni di Kawasan Danau Toba; Atraksi Budaya Kawasan Danau Toba Pertunjukan Sendratari “warna danau”; Atraksi Komunitas Budaya “Festival Anak Danau”; Festival Musik Tradisional (Lake Toba Music Festival); Penyusunan dan Penerbitan Ensiklopedia Kebudayaan Kawasan Danau Toba; Pemberdayaan Pengrajin di Kawasan Danau Toba; dan yang terakhir Ulos Extravaganza.

TERKAIT  Batara Guru dalam Mitos Batak, Penentu Takdir Manusia

Kegiatan ini sebagai motivasi agar seluruh pihak memiliki kepedulian terhadap kebudayaan lokal, khususnya di Kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba sehingga dapat menyukseskan program pemerintah terkait pemajuan kebudayaan nasional di daerah Sumatera Utara di masa mendatang.

Dari sederetan program yang telah disiapkan dan direalisasikan tengah pandemi, BPNB Aceh layak mendapat apresiasi dari setiap orang, lembaga yang terlibat dalam pengembangan Seni Budaya dan mendukung pariwisata Danau Toba.

Orang-orang yang dilibatkan BNPB Aceh selama ini dalam programnya, merasa bersyukur telah melibatkan mereka. Mereka berharap kegiatan tahun lalu berlanjut, berkesinambungan ke tahun-tahun berikutnya.

Terimakasih sudah memperhitungkan kami, dan mengikutsertkan kami dalam hal Atraksi seni budaya di kegiatan kita yang lalu. Kami berharap ini menjadi kegiatan yang berkesinambungan dan kami doakan BPNB Aceh semakin Berjaya dan tetap peduli dengan penggiat budaya – Marlita Simbolon dari sanggar Angel Elkanean Kabupaten Samosir

Apresiasi yang sama disampaikan Alexander Ginting dari Sanggar Seni Gung Leto. Dia merasakan, BPNB Aceh telah menggairahkan kembali semangat bersanggar seni dan budaya.

Dari RPT Inang Nauli Basa, Julita Manurung mengatakan, selama ini BPNB Aceh telah menjadi sahabat yang baik bagi generasi penjaga budaya selama tahun 2021.

Apresiasi serupa disampaikan Golda Simarmata dari Sanggar Seni Tonggi Humbang Hasundutan. BPNB Aceh dirasakannya menjadi tempat luar biasa ramah dan sangat komunikatif mengajak berkarya dalam pelestarian nilai budaya di kawasan Danau Toba.

Seorang pegiat seni dan budaya Ojak Manalu, melihat BPNB Aceh telah menjalankan amanat UU Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017. Amanat itu telah dilakukan oleh BPNB Aceh lewat Program DSP Danau Toba dengan baik.

Wisata Danau Toba dengan segala keindahannya, oleh BPNB Aceh terus mengajak upaya menjaga nilai seni budaya masyarakat sekitarnya, agar Danau Toba tetap menjadi pilihan utama berwisata. Budaya juga merupakan investasi masa depan di sektor pariwisata.

 

Penulis    : Febe
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU