spot_img

Berwisata ke Humbang Hasundutan, Ini Oleh-olehnya

HUMBAHAS – Kabupaten Humbang Hasundutan beberapa tahun belakangan menjadi tranding topik di dunia pariwisata, kawasan Danau Toba. Daerah ini memiliki destinasi wisata dataran tinggi, Sipinsur, salah satu yang terbaik di Indonesia.

Selain dataran tinggi, ada juga Desa Wisata Tipang yang masuk kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. Jangan tanya wisata sejarahnya. Tempat lahir dan istana Raja Sisingamangaraja juga ada di sini. Potensi wisata alam dan sejarah itu semakin lengkap dengan geliat UMKM, Usaha Kerupuk Diva, sebagai penghasil oleh-oleh dari Humbang Hasundutan.

Usaha Kerupuk Diva ini merupakan salah satu UMKM yang fokus memproduksi makanan ringan jenis keripik-keripikan, seperti keripik pisang, singkong, kacang, roti akar kelapa, stick bawang, dan keripik ubin ungu.

UMKM ini sudah melanglang buana dalam dunia perkulineran Humbang Hasundutan sejak tahun 2016. Karena kualitas yang sudah terjamin, pemesannya pun datang dari berbagai daerah di luar Dolok Sanggul, seperti Nagasaribu dan Siborong-borong.

Produksinya mencapai 500 pcs per produksi, sekali seminggu. Produk Diva juga selalu tampil menjadi kuliner khas Humbang Hasundutan dalam display produk setiap ada acara perhelatan antar kabupaten.

TERKAIT  Ulos Silalahi, Produk Eco Fashion dari Danau Toba

Selain pengalaman yang sudah cukup mumpuni dalam usaha keripik, Usaha Kerupuk Diva bisa dibilang serba bisa karena mampu melayani pesanan catering dalam jumlah besar maupun kecil.

Untuk menjalankan usaha yang sudah lulus uji BPOM ini, Sanni Aritonang selaku pengusaha Usaha Kerupuk Diva memberdayakan 4 orang AKAMSI (Anak Kampung Sini).

Salah konsistensi UMKM Usaha Kerupuk Diva adalah selalu mengutamakan bahan baku hasil petani lokal. Untuk harga setiap kemasan keripik cukup beragam, mulai dari Rp5.000 hingga Rp35.000 sesuai dengan ukuran.

“Kami sangat terbantu oleh dukungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, mulai dari penyediaan kios dagang di Sipinsur hingga promosi yang terus dilakukan untuk mengenalkan produk kami. Harapan kami, kiranya semakin banyak masyarakat yang mencintai produk-produk lokal karena tidak kalah berkualitas,” ujarnya pada ninnA.

Jika bro dan sista tertarik membeli produk UMKM Usaha Kerupuk Diva, sudah ada juga tersedia di kios kuliner Sipinsur. Atau jika ingin langsung melihat dapur produksi, bisa mengunjungi mereka di Jalan KK Julius Simamora Dolok Sait, belok kanan dari depan RSUD Dolok Sanggul.

Penulis   : Gomgom Sihombing
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU