spot_img

Berpetualang ke Dolok Sipatungan di Seberang Pulau Samosir

SAMOSIR  – Tidak salah memang menyematkan predikat Negeri Indah Kepingan Surga untuk Kabupaten Samosir. Hampir semua kecamatannya, punya destinasi wisata yang membuat betah dan memanjakan mata. Tinggal pilih. Wisata pantai, budaya, kuliner sampai petualangan ada di sini. Untuk pecinta petualangan boleh mencoba Dolok Sipatungan di Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Kecamatan Sitiotio tidak berada di Pulau Samosir tapi berada di daratan Pulau Sumatera. Untuk sampai ke tempat ini harus melewati Kota Pangururan menuju Kecamatan Palipi. Di Kecamatan Palipi ada dua pilihan penyeberangan menuju Kecamatan Sitiotio.

Pertama  dari Pelabuhan Mogang Kecamatan Palipi. Dari sini ada 5 trip perjalanan yang dimulai pukul 09.00 WIB. Dari Mogang berlayar saat jam ganjil dan sebaliknya dari Pelabuhan Sabulan di Kecamatan Sitiotio  pada jam genap.

Perjalanan menyeberang  hanya membutuhkan waktu 20 menit. Dari atas kapal, panoram indah menjadi pemanja mata. Sayangnya, layanan kapal via Mogang ini masih sebatas mengangkut kendaraan roda dua saja. Setibanya di seberang, Dolok Sipatungan berjarak sekira 7 kilometer lagi. Kondisi jalan terbilang lumayan terdiri dari rabat beton dan sebagian masih sertunisasi.

dolok sipatungan pulau samosir 2
Panorama dari Dolok Sipatungan.(foto:febe)

Bagi yang datang menggunakan mobil, pilihan satu-satunya via Pelabuhan Simbolon Purba Kecamatan Palipi menuju Tamba Kecamatan Sitiotio. Walau armada feri di sini tidak sebesar yang ada di Tomok atau Ambarita, tapi pelayanan boleh diadu.

Begitu sampai di pelabuhan, kita bisa langsung diantar tanpa menunggu waktu.Hanya butuh waktu tak lebih 10 menit, sudah tiba di Pelabuhan Tamba. Dari pelabuhan Tamba menuju Sipatungan berjarak 17 kilometer.

Sesampainya di  puncak Dolok Sipatungan, keindahan yang tersaji sungguh indah luar biasa. Sepertinya, setengah dari Pulau Samosir terlihat dari puncak bukit ini. Bisa dikatakan, dari sinilah dapat melihat Pulau Samosir lebih dekat dan lebih luas.

Menoleh ke arah kanan dari posisi kita menghadap Pulau Samosir, terlihat wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, Toba dan Muara Tapanuli Utara. Keindahan Kawasan Kaldera Toba itu terlihat indah bak lukisan.

TERKAIT  Tiga Spot Wisata Unggulan Danau Toba Ini Makin Hits

Di bukit ini, kopi jadi pilihan utama untuk dinikmati. Tidak masalah merek dan jenis kopinya, semua akan terasa nikmat disereput sambil memandang lepas ke lanskap Danau Toba.

Destinasi Dolok Sipatungan ini bagian dari Badan Usaha Milik Desa Sabulan yang dikelola AKAMSI (Anak Kampung Sini) Sabulan. Untuk sampai ke puncak, cukup membayar Rp 5.000 per orang, maka keindahan alam di ketinggian 1.600 MDPL ini bisa bebas dinikmati. Sudah ada jalur untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang memadai untuk sampai ke atas.

dolok sipatungan pulau samosir 1
Anak tangga menuju puncak Dolok Sipatungan.(foto:febe)

Di puncak Dolok Sipatungan  telah tersedia spot foto yang instagramable. Terdapat juga bukit dakian dengan 78 anak tangga.  Lokasi ini juga sudah sering dijadikan sebagai tempat camping bagi pecinta wisata petualang. Cobalah ke sini, semua momen indah dan bahagiamu di Dolok Sipatungan sangat keren untuk dipamerkan di media sosial.

 

Penulis   : Febe
Editor       : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU