spot_img

Berpetualang ke Air Terjun Amazon di Kaldera Toba

SAMOSIR – Amazon. Begitu mendengar kata itu, terbenak alam liar  Amerika Selatan, dengan panjang sungainya melintasi 8 negara. Namun Amazon yang satu ini jauh dari liar, dan bukan bagian Amerika Selatan. Nama ini diberikan untuk air terjun di Dusun Satu, Desa Wisata Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Sesampainya di tempat terdekat dengan air terjun ini, kemampuan  tracking dengan jarak 500-an  meter wajib diperlukan. Tapi tak usah khawatir, tidak ada kehidupan liar seperti di Sungai Amazon sana. Malah, setengah perjalanan saja sudah disuguhi pemandangan yang luar biasa dari Danau Toba.

Usaha mengeksplorasi air terjun ini tampaknya sedang dilakukan. Bukti itu terlihat dari jalan menuju air terjun, sedang dalam proses pembukaan. Bebatuan yang terungkit di sepanjang jalan, bukan merusak panorama. Malahan, bebatuan besar yang ada, menjadi tempat bersefie ria dengan background Danau Toba. Keren sekali.

Begitu tiba di lokasi, Air Terjun Amazon memang membuat terperangah. Tingginya mencapai 100 meteran. Air terjun ini memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh air terjun lainnya. Sisi dinding air terjun ini bisa ditapaki hingga ke puncaknya. Sungguh petualangan yang seru untuk memacu adrenalin.

TERKAIT  Air Terjun Tanjung Suari, Air Terjun di atas Air Terjun

Setelah terasa letih mendaki, saatnya menyegarkan tubuh dengan dinginnya Air Terjun Amazon. Keunikan air terjun yang dindingnya dapat didaki, mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Menuju tempat ini, bisa menggunakan jasa penduduk setempat. Mereka selalu siap bila ada petualang ingin menjajal serunya mendaki dinding air terjun itu.

Desa Sosor Dolok di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir ini, memang terkenal surganya air terjun. Ada beberapa air terjun lain di desa ini, salah satunya Air Terjun Efrata, yang sedang viral di kawasan Kaldera Toba.

Air terjun ini yang berjarak 20 kilometer dari Kota Pangururan atau hanya berjarak 1500 meter dari Menara Pandang Tele. Berbeda dengan Air Terjun Amazon, menuju Air Terjun Efrata cukup mudah, Dari lokasi parkir kendaraan, hanya butuh sekira 45 langkah, maka kemegahaan Air Terjun Efrata terpampang memeson.

Jadi tunggu apalagi bro dan sista ninnA, di mana lagi datang ke satu desa dan bisa mengunjungi dua air terjun yang eksostik, kalau bukan ke Desa Sosor Dolok di Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.

 

Penulis   : Febe
Editor      : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU