spot_img

Berendam Air Panas Ala Jepang di Sidebuk-Debuk

NINNA.ID – Berbicara mengenai Kabupaten Karo, memang tidak akan ada ujung ceritanya. Pesona yang beragam pun kian hari kian menambah cerita. Keindahan wisata alam, buatan, bahari, agro dan potensi wisata lainnya seolah membuat Kabupaten Karo menjadi surga wisata kelas dunia, seperti Sidebuk-debuk.

Salah satu objek wisata yang baru-baru ini viral di media sosial membuat penasaran. Sebenarnya seindah dan sekeren apa sih Sidebuk-debuk, yang mewajibkan bro dan sista wajib sambangi kalau berwisata ke Kabupaten Karo? Mari simak fakta-fakta menarik di bawah ini.

Pemandian air panas Sidebuk-debuk juga dikenal dengan Pariban. Dalam bahasa Batak, Pariban diartikan sebagai saudara sepupu. Seorang anak laki-laki akan memanggil ‘Pariban’ kepada anak perempuan dari Tulang. Tulang berarti paman, saudara laki-laki ibu.

Penamaan Pariban untuk Sidebuk-debuk tidak diketahui secara pasti asal-usulnya. Namun atmosfer Sidebuk-debuk sangat cocok menjadi tempat bercengkrama dengan Pariban lho.

Sidebuk-debuk 1
Sederet gazebo di Sidebuk-debuk.(foto:josua siburian)

Pemandian air panas ini berlokasi di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Jikalau bro dan sista bertolak dari Medan, bro dan sista akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam 40 menit dengan perkiraan jarak tempuh 60 KM lewat jalan Jamin Ginting.

Berbicara mengenai kenyamanan saat berenang di Sidebuk-debuk, bro dan sista tidak perlu khawatir karena di kawasan pemandian air panas ini, terdapat puluhan kolam yang bebas untuk dipakai berenang. Panasnya air kolam pun bersatu padu dengan hembusan angin sejuk dari balik gunung Sibayak akan menambah pengalaman yang tak terlupakan. Ya, selama berenang bro dan sista akan dimanjakan dengan keindahan alam Sibayak yang menjulang tinggi.

Untuk uang retribusi masuk, per orangnya dibandrol seharga Rp10.000 dan bebas untuk menikmati Sidebuk-debuk seharian. Perlu juga diketahui, saat bro dan sista membawa kendaraan pribadi, bro dan sista dapat memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah ditentukan.

TERKAIT  Berpetualang ke Air Terjun Amazon di Kaldera Toba

Untuk biaya parkir per mobil sebesar Rp5.000 dan sepeda motor Rp2.000.
Fakta menarik dari kolam air panas Sidebuk-debuk ini adalah air kolamnya merupakan mata air belerang dari kaki Gunung Sibayak.

Sidebuk-debuk 4
Sidebuk-debuk jadi pilihan keluarga.(foto:josua siburian)

Maka dari itu, air panas ini sangat cocok untuk berbagai terapi kulit dan penyakit lainnya karena air belerang Sibayak mengandung berbagai macam mineral, seperti kalsium dan natrium bikarbonat sehingga ketika tubuh berendam di dalam air panas ini, tubuh menyerap mineral tersebut, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen dalam tubuh secara keseluruhan.

Jadi memang sangat wajar jikalau Sidebuk-debuk ramai dikunjungi orang karena sembari berwisata, juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah lelah berenang di air panas, bro dan sista dapat menikmati sajian lokal khas Karo seperti mie rebus dan sajian lainnya. Harganya sangat terjangkau dan apabila bro dan sista ingin makan sembari berendam, pengelola kolam juga sangat memperbolehkan.

Sidebuk-debuk 3
Ada banyak pilihan penginapan di Sidebuk-debuk.(foto:josua siburian)

Tidak afdol rasanya memang jikalau tidak berlama-lama di Sidebuk-debuk ini. Nah buat bro dan sista yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir karena terdapat juga penginapan yang recommended karena fasilitas yang memadai dan harganya sangat terjangkau.Mulai dari Rp200.000-an bro dan sista dapat menginap untuk semalam dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Untuk aksesibilitas menuju Sidebuk-debuk terbilang sangat baik. Ditambah lingkungan alam yang sangat asri membuat perjalanan menuju objek ini menjadi memorable. Jadi, mari datang dan rasakan sensasi berendam di Sidebuk-debuk yang digadang-gadang menjadi Jepang-nya Sumatera Utara.

 

Penulis  : Ananda Josua Siburian
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU