spot_img

Berburu Vitamin C di Pasar Buah Berastagi

KARO – Saat bro dan sista sedang berkunjung ke Kota Berastagi, jangan lupa untuk mengisi keranjang buah tangan di salah satu pasar buah yang menjadi objek wisata belanja di Berastagi. Pasar Buah Berastagi, sudah menjadi salah satu tempat yang sangat ikonik karena berada tepat di pusat Kota Berastagi. Lokasinya berada di Jalan Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Lokasi Pasar Buah ini tidak begitu jauh dari Museum Pusaka Karo dan Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Cukup berjalan kaki 5-7 menit, bro dan sista akan tiba di pasar buah ini.

Sesampainya di Pasar Buah Berastagi, tawaran para ibu-ibu yang menjajakan buah-buahan langsung menyambut. Selain buah, ternyata di pasar ini juga menjual sayuran, pernak-pernik/souvenir khas dan masih banyak lagi.

Buah yang menjadi andalan dari Pasar Buah berastagi adalah jeruk dan markisa Berastagi yang memiliki rasa manis yang sangat khas.

“Untuk harga buah-buahan yang dijual di pasar ini tidak menentu, kadang bulan ini mahal terkadang bulan depan murah tergantung kondisi panen,” kata Bibi Bunga Tarigan, pedagang buah.

Jadi bro dan sista jika ingin mendapatkan harga yang terjangkau, datanglah pada saat musim panen raya karena harga akan turun. Namun jika datang saat kondisi tidak panen raya pun tidak menjadi masalah, karena harganya tidak begitu mahal.

TERKAIT  Bukit Siattaratas Dairi, Idaman Para Pendaki

 

Selain itu, terdapat juga atraksi menunggangi kuda yang diperuntukkan untuk umum. Bro dan sista dapat merasakan udara dingin dipadu dan menikmati suara hentakan kaki kuda.

Untuk harga sewa kuda di kawasan wisata ini dibandrol mulai dari Rp30.000-an. Namun untuk 1 jam, bro dan sista cukup membayar Rp200.000, sudah puas menikmati keindahan yang ada.

Pasar Buah Berastagi 2
Ada jasa penyewaan sado.(foto:josua)

Selain itu, di pasar buah ini juga terdapat banyak jasa fotografer yang boleh disewa, apalagi untuk mengabadikan saat menunggangi kuda. Harga yang dibandrol per fotonya mulai dari Rp10.000.

Sebelum berkunjung ke sini, perhatikan waktu. Kalau ingin menunggangi kuda maka waktu yang tepat adalah dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk pasar buah akan tutup pada pukul 20.00 WIB.

Berkunjung ke tempat ini bukan sekedar belanja, tapi termasuk aktivitas mengenal tradisi kehidupan masyarakat di Berastagi dengan beragam potensi bumi yang dimilikinya.

Jika tertarik berbelanja terutama membeli buah, Pasar Buah Berastagi sangat direkomendasi, karena di sinilah bro dan sista akan mendapatkan kesegaran Vitamin C yang sesungguhnya.

 

Penulis  : Josua Siburian
Editor     : Mahadi Sitanggang

ARTIKEL TERKAIT

TERBARU